Selamat Datang

Mengintip Fitur Baru WordPress 3.6

WordPress kabarnya akan segera merilis versi 3.6, yaitu versi terbarunya pada bulan Mei mendatang, CMS dan Blogging Platform terpopuler didunia ini tentunya telah mempersiapkan banyak fitur baru ataupun perubahan-perubahan lainnya.

Pada tulisan ini kita akan bahas beberapa fitur baru tersebut, untuk anda yang memiliki website dengan wordpress selayaknya anda meluangkan waktu sejenak untuk melihat apa saja yang baru dari wordpress 3.6 ini. Cekidot.

Update 2 Agustus 2013:
Wordpress 3.6 sudah diluncurkan kemarin, tanggal 1 Agustus 2013, fitur barunya seperti dibawah ini, untuk download silahkan dicek di website resminya.

1. Post Format.

WordPress akan meningkatkan fungsionalitas dari Post Format, fitur ini sebenarnya sudah ada di wordpress sebelumnya, namun fitur ini masih tersembunyi, tidak semua orang mengenal ini, hanya developer atau themes developer yang mengerti. Kabarnya di versi 3.6 fitur ini akan semakin mudah untuk digunakan.

Tampilan Baru Post Format

Tampilan Baru Post Format

Post Format akan memiliki UI tersendiri jika diaktifkan oleh pembuat template.

Jadi WordPress akan semakin mirip dengan Tumblr, dimana kita bisa memposting berbagai sesuatu dengan berbagai tipe, misal image, Gallery, Link, Video, Audio, Chat, Status, Quote, Aside, dll.

2.Template Baru

Setelah di versi sebelum nya ada template default seperti Tweenty Twelve, maka di WordPress 3.6 akan ada template baru lagi diberi nama Twenty Thirteen, tampilan ini dibuat model Flat Design.

Wordpress 3.6 Theme Twenty Thirteen

WordPress 3.6 Theme Twenty Thirteen

3. Post Locking.

Fitur ini merupakan fitur baru wordpress 3.6, kemungkinan akan semakin berguna untuk blog yang memiliki banyak penulis (multi author) seperti tutorial-webdesign.com.

Post Locking

Post Locking

Kegunaan nya adalah fitur ini akan memberi tahu kita kalau postingan ini terkunci karena seseorang sedang melakukan perubahan, sehingga menghindari 2 orang mengedit postingan secara bersamaan. Kalau di versi sebelumnya kita hanya diberi notif berwarna kuning dibagian atas editor, pada versi ini tampilan dibuat lebih menarik, kita bisa menentukan tindakan terhadap orang yang sedang melakukan perubahan ini, kita bisa tendang jika mau (begitu menurut wordpress dalam pemberitaannya) :)

4. Pembaharuan Fitur Autosaving.

Tulisan kini disimpan otomatis secara lokal. Jika komputer anda mengalami crash, atau komputer Anda tiba-tiba mati,  Anda tidak akan kehilangan posting Anda.

5. Pembenahan Fitur Revision Management.

WordPress secara otomatis menyimpan perubahan-perubahan yang kita lakukan pada sebuah postingan, jadi jika kita sudah selesai mengedit suatu post dan ingin kembali ke editan sebelumnya maka kita bisa kembali lagi dengan mudah. Di versi terbaru, fitur ini semakin dimaksimalkan dan tampilan nya pun sedikit dirubah, jadi akan ada semacam timeline dari revisi yang bisa kita gunakan. WordPress semakin peduli akan kualitas konten.

Tampilan fitur revisi wordpress 3.6

Tampilan fitur revisi wordpress 3.6

6. Fitur Pengelola Menu Lebih Baik.

Menu Admin

Menu Admin

Yang pasti wordpress memperbaharui fitur pengelolaan menu atau membuat menu yang ingin kita tampilkan, dengan ini tentu mengelola menu akan semakin baik dan mudah.

7. Audio / Video

audio-video

WordPress 3.6 memungkinkan anda dengan mudah mengembed video dari berbagai website seperti Youtube.

Sekian

Itulah beberapa perubahan yang akan dilakukan di wordpress versi 3.6 yang kemungkinan akan diluncurkan bulan depan (bulan Mei). Jika anda sudah tidak sabar ingin mencoba anda bisa mendownload WordPress 3.6 Beta disini.

Salam web design indonesia.





Penulis :

Website yang berisi Tutorial, Tips, Trik, Inspirasi, Opini, Cerita, Studi kasus, dan berbagai hal menarik tentang Web Design, Web Development dan Graphic Design untuk orang-orang kreatif di Indonesia. View all posts by TWD Editorial

Comments

10 thoughts on “Mengintip Fitur Baru WordPress 3.6

  1. Jaka says:

    Tak sabar menunggu tanggal peluncurannya :)

  2. wah, semakin mantep aja nih :D

  3. Mkhuda says:

    Patut dicoba nih WordPress versi barunya..
    Kira-kira sudah bisa di download belum ya , via Cpanel ?

  4. Sumpah keren abis wrdpress yang baru..
    Dari dulu emang wordpress idaman pribadi nih.
    T.O.B buat para developernya!

  5. mimbar says:

    kalo gak salah kaya tumblr ya jadi kalo tiap artikel/audio/video itu beda beda

  6. iska says:

    wah, akhirnya keluar juga theme twenty thirteen :D

  7. udah upgrade ke wp 3.6 ..yeyeyeye

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development