Selamat Datang

Tuntutan Bagi Desainer Web Freelance

Di dunia yang makin kompetitif ini tuntutan sebagai seorang desainer web pun semakin besar dan kompleks. Perkembangan teknologi di dunia web sangat dinamis, trend baru cepat bermunculan, berbagai fenomena dengan cepat merubah landscape dunia web yang memaksa kita harus beradaptasi dengan cepat atau hanya sekedar jadi penonton.

Freelance Web Designer

Masih segar di ingatan saya beberapa tahun yang lalu mendesain halaman web cukup menggunakan Macromedia Fireworks (Sekarang Adobe Fireworks). Fireworks membantu mendesain layout halaman web secara visual, mengatur posisi banner, membuat kolom samping, mengatur space untuk konten dan merancang tampilan footer. Semua itu dilakukan tanpa menyentuh kode HTML sama sekali dan tentu tanpa CSS. Namun masa itu sudah berlalu, dan desainer web dituntut menguasai HTML dan CSS.

Dan juga masih segar di ingatan saya Macromedia Flash sangat populer waktu itu. Semua kebutuhan elemen animasi di website mulai dari yang sederhana sampai short clip bahkan full website Flash mengambil peranan penting. Namun sekarang Flash mulai ditinggalkan, animasi sederhana seperti fade-in fade-out, sliding image dikerjakan oleh jQuery, MooTool, CSS. Dengan keberadaan Javascript library ini (jQuery, MooTools) user experience website pun semakin baik.

Dua contoh di atas sebagai gambaran bahwa dunia web begitu dinamis perkembangannya dan para desainer web pun harus siap dengan kondisi tersebut dan harus siap beradaptasi dengan terus belajar dan selalu up to date dengan informasi seputar dunia web. Di artikel ini saya akan membahas skill apa saja yang penting bagi desainer web untuk tetap bisa bersaing di bidang ini.

HTML dan CSS

Dua elemen ini sangat fundamental dalam desain web sehingga mutlah harus dikuasai oleh seorang desainer web. Penguasaan akan HTML dan CSS tentu akan membawa pada pemahaman tentang cara kerja web, keterbatasannya serta solusi permasalahannya. Membuat halaman web dengan cara lama dengan cara slicing menggunakan Adobe Fireworks tentu tidak lagi menjadi pilihan.

Javascript

Keberadaan Javascript membuat website interface manjadi lebih menyenangkan, dinamis, dan interaktif. Mendesain halaman web yang membutuhkan animasi, interaktivitas, dan visual effects yang dinamis membutuhkan Javascript karena HTML dan CSS tidak bisa melakukannya. Dengan Javascript kita bisa membuat sliding image, animasi fade in fade out, tool -tip, form, atau paralax scrolling yang menarik.

Sebagian orang berpendapat seorang desainer web tidak perlu menguasai Javascript karena itu areanya developer web. Namun menurut saya karena sekarang Javascript banyak digunakan untuk tampilan front end pada website seperti animasi, interaktif, maka desainer web idealnya menguasai Javascript.

SEO

Salah satu cara publik mencari informasi di internet melalui search engine seperti Google, Bing. Yahoo Search. Setiap web yang kita buat tentu diharapkan bisa “ditemukan” oleh search engine dengan kata kunci tertentu. Bagaimana caranya agar search engine bisa menemukan website kita? Untuk itu prinsip-prinsip SEO harus bisa kita aplikasikan di web yang telah didesain. Maka pengetahuan dan pemahaman tentang prinsip-prinsip SEO harus dimiliki oleh desainer web.

Media Sosial

Media sosial menjadi fenomena tersendiri di dunia teknologi informasi. Keberadaan Facebook, Twitter, Path, Google+ merubah cara orang-orang berinteraksi dan berbagi suatu ide. Dikarenakan jumlah user dari media sosial ini begitu besar sehingga bisa dijadikan media baru untuk penyebaran informasi, sharing informasi juga promosi produk. Untuk itu desainer web dituntut untuk mengerti kelebihan media sosial ini dan mampu memanfaatkannya.

Desain Grafis

Seorang desainer web harus memiliki pengetahuan akan prinsip-prinsip desain grafis. Karena proses desain web membutuhkan pengetahuan tentang :

  • spacing
  • proportion, balance
  • grouping
  • contrast, colour

Tanpa pemahaman tentang prinsip tersebut dan ketidakmampuan mengaplikasikannya tidak akan menghasilkan website yang fungsional, efektif dan bagus secara estetika.





Penulis :

Web designer, graphic designer and illustrator, love digital design. View all posts by iwan setiawan

Comments

6 thoughts on “Tuntutan Bagi Desainer Web Freelance

  1. Widy says:

    nicee

    belajar juga emberjs,atau angularjs

  2. iskael says:

    banyak juga yah syaratnya :D
    padahal belum tentu kliennya berani bayar mahal

  3. @iskael : yang penting kita harus siap dengan skill itu, kesempatan selalu datang untuk orang yang siap :)

  4. Kalo bisa mengerti server side scripting sedikit paling tidak, seperti PHP, ASP, atau JSP. Tambahan lagi coffe script juga lagi hot2nya tuh! :)

  5. Dada Mirada says:

    saya setuju dengan tulisan di atas , setidak nya para designer web wajib mengikuti perkembangan dunia website yang semakin hari semakin berkembang dengan pesat.
    terima kasih atas info yang telah di sharing

  6. Freddy says:

    betul sekali, menarik sekali website ini, Big Thanks :D

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development