Selamat Datang

5 Tips Membuat Desain Web Yang Sempurna / Perfect

Tips membuat desain web yang sempurna / perfect — Membuat desain web yang sempurna atau perfect adalah tugas yang tidak mudah bahkan tergolong sangat sulit bagi sebagian orang, dan ini jauh dari sekedar terlihat indah, namun juga harus kaya akan konten. Berikut ini adalah lima tips untuk membantu anda memulai membuatnya.

1. Ketahui pasar Anda

Research atau penelitian adalah dasar dari setiap proyek desain grafis – desain web pada intinya sama saja. Mendapatkan informasi tentang pasar akan memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai tren industri ini. Mengetahui tujuan website serta target pengunjung dari website akan membantu Anda untuk memutuskan elemen apa yang harus ada dan elemen apa yang tidak harus, begitupun dengan pewarnaan dan hal lainnya.

– Baca juga: Beberapa Elemen Penting Dalam Desain Web Responsive

2. Buat Se-simpel mungkin

Anda tidak pernah mendapatkan kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama! Hal ini berlaku dalam segala hal. Otak lebih suka memikirkan hal-hal yang mudah untuk dipikirkan – sehingga desain website dengan struktur navigasi sederhana yang jelas dan terlihat di halaman manapun user sedang berada itu penting untuk diperhatikan. Anda bisa menggunakan halaman pertama / homepage sebagai portal ke area lain dari situs; buat snapshot atau gambaran singkat tentang website yang dibuat tersebut.

3. Seimbang Antara Art dan Science

web desain

Web Desain via ragingcreations.com

Menggunakan grid yang terstruktur akan membantu menciptakan keteraturan dan konsistensi. Sebuah grid menentukan elemen yang muncul pada posisi yang sama diseluruh website, seperti logo dan navigasi. Namun, terlalu tergantung semuanya pada grid dapat membuat desain terlihat monoton, jadi sedikit keluar dari kaidah grid dengan teks, testimoni dan gambar akan membuat website menarik untuk dilihat, pastikan anda mencurahkan ilmu seputar web berimbang dengan jiwa seni yang anda miliki.

4. Letakan Pengguna Sebagai Prioritas Utama

Membuat pengguna merasa bahwa waktu yang mereka habiskan untuk mengunjungi situs anda tidaklah sia-sia juga sangat penting, permudah mereka menemukan informasi yang ada di dalam website agar mereka tidak bosan dan membuang-buang waktu. Seperti yang disebutkan pada poin 3, gunakan sistem grid untuk membentuk kepercayaan dimata pengguna, yang memungkinkan mereka menemukan informasi dan navigasi situs yang mudah.

5. Pastikan Enak Dipandang

Perhatikan detil dari desain web, pastikan piksel pada gambarnya terlihat perfect atau sempurna, dan gambar terlihat tajam, clean serta memiliki kontras yang baik. Serta jangan lupa untuk menguji situs anda di beberapa browser yang berbeda serta di beberapa perangkat berbeda juga untuk memastikan website anda terlihat baik disemua perangkat, jika kurang tentu harus dioptimalkan lagi.

– Baca juga: Tutorial Cara Membuat Desain Web Responsive





Penulis :

Website yang berisi Tutorial, Tips, Trik, Inspirasi, Opini, Cerita, Studi kasus, dan berbagai hal menarik tentang Web Design, Web Development dan Graphic Design untuk orang-orang kreatif di Indonesia. View all posts by TWD Editorial

Comments

6 thoughts on “5 Tips Membuat Desain Web Yang Sempurna / Perfect

  1. Bagi yang tak ingin ribet mendesain dari awal, bisa juga dengan bantuan framework css. :)

  2. Mataram Web says:

    Setiap client seharusnya tahu ini, terkdang ada yang ingin desainnya aneh aneh.. karna nuruti keinginan client dan menolak saran, terpaksa hasil desain website tidak ditampilkan di portfolio..

    Terima kasih.. telah share.. :)

  3. amar says:

    ijin repost untuk projek akhir tugas pemrog web

  4. poin ketiga biasanya sangat sulit dilakukan
    begitu fokus pada tampilan artistik, jadi tidak seo lagi karena loading yang berat..
    situs online shop saya mencari template yang paling pas, belum ketemu saat ini

  5. artikelnya tepat sekali. loading halaman yang cepat dan minimnya iklan juga perlu diperhatikan.
    terkdang penempatan iklan sama iklan yang tidak sesuai dengan konten membuat website menjadi tidak bagus.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development