Tips Dasar Menjadi Web Designer

Saat ini tempat nomor satu untuk mencari uang adalah Internet. Dengan menjalankan bisnis melalui website akan semakin memudahkan seseorang untuk memasarkan produknya dibandingkan dengan usaha sejenis yang tidak memasarkan produk/jasanya melalui internet, melainkan hanya menunggu.

Lalu apa hubungan nya dengan Web Designer?
Dengan semakin banyak orang yang ingin memasarkan produk/jasa melalui internet, maka semakin banyak juga peluang usaha untuk para Web Designer. Karena setiap website yang akan dibuat tentunya membutuhkan seorang Web Designer, selain Web Developer juga.

Website Designer

Website Designer

Untuk menjadi Seorang Web Designer, tentu tidak mudah juga, berikut ini tips untuk Web Designer pemula yang ingin merambah atau terjun ke dunia web sebenernya. Bekali diri dengan hal-hal berikut.

Belajar Hal-Hal Baru

Problem utama saat belajar dari sekolah atau universitas biasanya memiliki kurikulum tertentu yang sudah dirancang untuk mahasiswanya dan mereka mengikuti kurikulum tersebut dari tahun ke tahun. Membuat kurikulum tidak lah sembarangan, institusi pasti mempelajari dan meneliti terlebih dahulu kualitas kurikulum yang mereka buat.
Tapi kurikulum yang baik, tidaklah cukup untuk mahasiswa. Pelajaran dari sekolah dan kampus tidak cukup, contoh: Belajar tentang Perulangan saja bisa satu minggu lebih, padahal jika anda membaca buku atau cari di internet dengan baik, 2 hari anda sudah bisa paham benar tentang perulangan tersebut.
Jadi cari ilmu dan hal-hal baru diluar sekolah/kampus. Jangan buang-buang waktu.

Bangun Portofolio

Setelah anda membangun kemampuan anda di sekolah/universitas, sekarang waktunya bangun usaha anda sendiri, buatlah portofolio anda sebaik mungkin agar orang lain percaya kemampuan anda. Walau bagaimanapun Portofolio bisa berbicara lebih dibanding hanya sekedar omongan dan kata-kata, Poftfolio adalah bukti bahwa anda bisa dan mampu. Itu modal untuk membangun kepercayaan orang lain.

Tentukan Tujuan dan Fokus anda

Tujuan adalah inspirasi hidup manusia, jadi tentukan tujuan dan fokus kamu untuk membuat kamu bersemangat dalam meraih keberhasilan. Pahamilah kalau 1 tujuan yang jelas, lebih baik dari 100 tujuan dan fokus ke banyak hal, tapi tidak ada 1 pun yang benar-benar mantep.

Pelajari  SEO

Semua yang telah anda bangun tentunya harus dipasarkan, SEO layak untuk anda pelajari, karena itu penting untuk pemasaran website kamu. Ada orang yang bilang, website yang tidak maksimal SEO nya, sama dengan warung yang tidak dipasarkan ke masyarakat. Hanya diam menunggu.

Seo Backling

Seo

Cari Job Pertama Anda.

Tujuan yang telah dituliskan diatas adalah untuk mendapatkan pekerjaan bukan? Mendapatkan Job? Project? atau apalah anda menyebutnya. Melalui hal-hal diatas tentunya anda bisa mendapatkan pekerjaan sesuai bidang anda.

Tapi coba untuk mencari lebih banyak pekerjaan/job di website-website komunitas Freelance atau yang lain nya.

Mencegah Kegagalan Sebagai Web Designer

Usaha tentu harus kita lakukan, bahkan sudah kita lakukan, tapi rezeki tuhan yang menentukan. Tapi rezeki itu tergantung bagaimana usaha kita juga. Jadi tetaplah Fokus pada tujuan utama, Jangan malas untuk mempejari hal-hal baru. Karena website yang anda buat dengan teknologi dan cara-cara jadul akan merugikan anda sendiri, portfolio anda akan buruk dan orang lain kehilangan kepercayaan.

Jangan malas untuk menerapkan seo di website anda, mungkin anda sudah tau teori, tapi terkadang malas untuk mengaplikasikan nya. Sekali lagi jangan malas.

Berbaik hati lah kepada semua orang, terutama client anda, karena dia tentunya bisa jadi orang yang akan membuka rezeki-rezeki anda lain nya melalui website kedua, ketiga atau website teman-teman nya. Client bisa jadi tempat promosi yang efektif untuk usaha anda.

Sekian…

Terima kasih telah membaca :) salam Web Designer Indonesia

Jangan lupa Follow twitter kami di @tut_web

Image Source :  Computer Services





Comments

21 thoughts on “Tips Dasar Menjadi Web Designer

  1. Wohoho, keren nih artikel :)

  2. jerry says:

    wah keren nih, pas banget pengen belajar jadi web designer.
    sebenarnya pengen nanya-nanya banyak, tp link FB nya kayaknya g bisa tuh diatas.. :(

    • :) terima kasih sudah berkunjung, tanya lewat comment ini aja tidak apa, siapa tau pertanyaan nya berguna juga untuk orang lain.
      Iya Facebook nya masih tahap pengembangan. Tunggu saja perkembangan nya :)

      • jerry says:

        sebenernya sih pengen nanya.. kebetulan ada lomba bikin web di kampus, punya rencana bikin kalender sama twitter app kayak di web ini,, mungkin sudah ada tut nya atau belum,, thx before,, soalnya masih newbie ,haha

        • Ow…
          Itu cuma widget kok, tapi kalau mau buat banyak kok tutorial nya, coba googling deh.
          Kapan-kapan kalau ada waktu akan kami coba buat tulisan tentang itu :)
          Stay tuned :)

  3. Robin says:

    mas, mau tanya apakah jadi web desainer perlu matematika yang kuat ? soalnya matematika saya lemah nih,…

  4. zaglie says:

    Mas, saya mau tanya.. untuk menjadi web design sofware apa saja yang dibutuhkan..?

  5. mamat says:

    mau tanya nie, saya sering iseng2 bikin website dg media dreamweaver di kombinasikan dg flash dan photoshop, apa itu jga bsa disebut sbg webdesigner ?? hehe..

  6. Setuju dengan tips yang dipaparkan di atas. Hal-hal mendasar inilah yang sangat diperlukan dan semuanya butuh proses dan ketekunan plus sabarnya juga. Terima kasih untuk tipsnya.

  7. Andy says:

    Nice artikel min, semakin membuat saya bergairah untuk belajar. Kebetulan saya sangat suka dengan teknologi termasuk internet

  8. hudan says:

    Bagus sekali tips nya.. Cuma akankah mimpi in terjawab

  9. ilham says:

    Haduh,
    Mas saya dapat paksaan nih suruh ikut web design di sekolah
    Saya mau minta script yang kira” diperlukan dan penting, makasih: )

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development