Selamat Datang

Tingkatkan Kecepatan Website

Tingkatkan Kecepatan Website – Jika kita berbicara statistik, 50% dari pengunjung akan meninggalkan sebuah website yang tidak bisa diload dalam 5 detik. Hal ini bisa kita saja benar mengingat banyak nya link yang bisa kita dapatkan melalui sosial media seperti facebook atau twitter, dimana user banyak menggunakan twitter atau facebook melalui ponsel yang hanya menggunakan jaringan 3G. Jadi ketika mereka buka website dari ponsel dan website lama terbukanya maka website itu mereka tinggalkan.

Jadi ada sesuatu yang lebih panas dari desain responsif maka itu adalah jejaring sosial, 60% dari pengguna twitter mengakses melalui ponsel dan 157 juta orang menggunakan facebook hanya dari ponsel mereka. Hampir sebagian besar website membagikan link website mereka melalui jejaring sosial, kita menulis blog lalu share ke twitter atau facebook, maka pengunjung juga banyak datang dan membuka website melalui perangkat mobile.

Browsing melalui ponsel adalah salah satu yang memberikan masalah dengan kecepatan koneksi, mengingat ponsel berkomunikasi dengan menara sinyal melalui chip radio, dengan tiga langkah: Active, waiting & free. Bila anda beralih dari free ke active memakan waktu 1-2 detik untuk mengaktifkan dan mulai menerima / mengirim sinyal. Jika kita mengatakan bahwa rata-rata pengguna meninggalkan situs dalam 5 detik, Anda akan memiliki 3 detik untuk memuat situs anda.

improve-website-speed

Pada tahun 2008, ketika kita hidup begitu stres dan bisa berharap website untuk di load dengan cepat, sebuah group bernama Aberdeen malakukan penelitian untuk memperkirakan dampak waktu load oleh lebih dari 160 organisasi dengan pendapatan tahunan rata-rata $3 miliar. Sebuah kerugian konversi 7% untuk waktu loading ke dua: $ 2,500.00 hilang setiap tahun untuk mereka yang menghasilkan $100.000 dalam sehari.

Masalahnya disini adalah walaupun mengurangi berat website menjadi 20k namun masih ada faktor lain selain berat website.

Mengurangi waktu loading membutuhkan akal sehat

Jangan upload atau jangan sertakan script yang tidak akan anda gunakan untuk website anda: Seberapa sering kita menyertakan jQuery di header dan diload oleh seluruh halaman? termasuk untuk yang tidak menggunakan plugin. Tidak hanya kita, banyak CMS membuat 5 sampai 10 script permintaan yang tidak digunakan: jangan biarkan mereka me-load konten yang tidak berguna.

Optimalkan gambar

Dengan berbagai ukuran dan perangkat yang kita miliki saat ini, memuat gambar yang sama untuk semua tidak bisa dimaklumi. Mengapa tidak mengupload satu untuk setiap halaman? Sebuah ponsel membutuhkan gambar kecil, tablet lebih besar, desktop memerlukan versi lain yaitu gambar yang lebih besar, ow.. satu lagi, jangan lupakan perangkat retina. Jika ini membuat anda kewalahan, mungkin script bernama PictureFill ini bisa membantu.

Baca juga: 6 Tips Untuk Membuat Website Responsive

Optimasi Konten

Meminimalkan request HTTP yang pada dasarnya men-download file dibutuhkan untuk membuat halaman, ini adalah kunci untuk mengurangi waktu loading. Jelas dimulai dengan menyederhanakan desain. Ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk mengurangi panggilan ke server, seperti menerapkan css sprite, menggabungkan script js dan css, dll.

Berharap dengan ini kita bisa mulai membangun web yang lebih cepat dan dapat diases oleh semua orang yang menggunakan 3G setiap harinya.

artikel ini disadur dari medium





Penulis :

Website yang berisi Tutorial, Tips, Trik, Inspirasi, Opini, Cerita, Studi kasus, dan berbagai hal menarik tentang Web Design, Web Development dan Graphic Design untuk orang-orang kreatif di Indonesia. View all posts by TWD Editorial

Comments

6 thoughts on “Tingkatkan Kecepatan Website

  1. mogol says:

    Ijin share lagi gan

  2. Khoirina says:

    Kalau pakai wordpress Plugin terlalu banyak mempengaruhi gak ya gan?

  3. Faidzinn says:

    Halo om mau nanya kira2 pake ini bagus gk ya? binarynote dot com/pagespeed-wordpress-theme-faster-than-fastest-wordpress-theme-html.html
    tapi terbukti sih blog binarynote dot com loading nya cepet banget walaupun koneksi sedang low, paling banner iklan yg gk tambil. Mohon sarannnya hehe. Makasih :)

  4. Faidzinn says:

    hehe pengen beli sih tapi harganya $25 haha, bisa di review om blog baru saya (link di nama) kenceng juga gk? udah saya cek tapi di https://www.google dot com/webmasters/tools/mobile-friendly/ tapi gk firendly mobile wkwkw

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development