Selamat Datang

Sumber Inspirasi Bagi Web Designer

Sumber Inspirasi Bagi Web Designer – Sebagai web designer inspirasi menjadi hal penting dalam proses design. Setiap designer pun pasti pernah mengalami kebuntuan dalam mendapatkan ide untuk dituangkan dalam pekerjaannya. Sementara web designer sendiri menghadapi kendala waktu di dalam proses pekerjaanya yakni deadline. Tidak jarang ide justru datang pada saat-saat krusial, namun sayang ide memang tidak bisa kita paksakan untuk datang menghampiri sesuai dengan yang kita inginkan.

Seringkali kita tidak punya ide, namun yang bisa kita lakukan sebagai designer adalah merangsang ide tersebut dengan inspirasi kita dapat. Inspirasi ini bisa kita dapatkan dari banyak hal di sekeliling kita. Namun jangan terburu – buru dengan membuka online web gallery dengan tujuan mendapatkan inspirasi, lalu dengan mudahnya mengcopy-paste style di website tertentu pada website yang akan kita buat. Tentu bukan demikian yang dimaksudkan dengan inspirasi, namun dengan menangkap inspirasi tersebut kemudian mengelolanya menjadi ide lebih lanjut untuk dituangkan menjadi sebuah design.

Pada artikel ini saya coba menjelaskan apa saja yang bisa kita jadikan sebagai sumber inspirasi yang ada di sekeliling kita di luar website.

 

Majalah

Majalah adalah media cetak yang sarat akan grafis seperti iklan, layout dan foto. Banyak yang bisa kita jadikan inspirasi dari hal tersebut di atas. Secara umum majalah dan website didesain menggunakan prinsip-prinsip graphic design. Sehingga walaupun majalah adalah media cetak, web adalah  media online bukan berarti kedua media tersebut berbeda sama sekali. Pada hal-hal tertentu mereka berbeda, namun untuk  banyak hal mereka mempunyai kesamaan. Pada majalah kita bisa mencari inspirasi dari layoutnya, pemilihan font, kombinasi warna, komposisi, focal point, negative space.

Kita juga bisa mempelajari mengapa suatu majalah lebih menarik secara visual daripada majalah lainnya, apakah disebabkan oleh cover majalahnya yang menarik, apakah kombinasi font yang pas,  apakah karena layout yang  lebih tertata, atau karena dilengkapi dengan foto yang bagus. Ini bisa kita jadikan sebagai studi kasus untuk bisa kita aplikasikan di web design.

mag1

Sport Illustrated

 

Game

Game telah menjadi industri besar dengan konsumen yang besar pula, apakah itu game console seperti XBOX, Play Station atau computer game. Perkembangan grafis pada game begitu luar biasa dalam 10 tahun terakhir, baik pada karakter yang ada di game tersebut maupun grafis pendukungnya. Kita bisa menggali karakter-karakter yang ada di game satu persatu mulai dari wajah, rambut, kostum, asesoris, senjata, kendaraan yang digunakan. Apa yang membuat satu karakter tampak lebih menarik dari yang lain, tampak lebih dominan dari yang lain.

game1

Dragon Age: Inquisition

 

Film

Hampir semua orang suka menonton film. Menonton film pun sering dijadikan sebagai kegiatan hiburan favorit, mengobati kejenuhan, pengisi waktu luang. Ada banyak yang bisa kita jadikan inspirasi dari film yang kita tonton. Ada banyak yang bisa kita amati dan dijadikan inspirasi dari kostum pemain film baik itu style, warna dan teksturnya. Bisa juga property yang ada di film tersebut yang meliputi gedung, mobil, interior rumah/gedung beserta isi di dalamnya.

Khusus untuk film science fiction kita temui bentuk-bentuk unik pada kendaraan, senjata, bangunan, perlengkapan, hingga karakter berupa mahluk atau binatang yang tidak kita jumpai di dunia nyata. Menyangkut warna apa saja warna dominan yang ada di film tersebut juga bisa dijadikan inspirasi.Kita akan mengenal warna-warna vintage pada film dengan setting tahun 60 – 70, film bertema remaja dengan warna-warna terang, atau warna-warna gelap dan dramatis pada tema film epic seperti 300 atau The Hobbit. Semua itu adalah referensi yang sangat bagus bagi kita

movie3

The Hobbit

 

Foto

Foto adalah elemen penting dalam komunikasi visual termasuk pada web design. Sulit membayangkan website tanpa foto/image baik sebagai image product atau sebagai elemen penyampai pesan. Satu image/foto bisa mewakili 1000 kata-kata, yang artinya foto adalah elemen yang sangat penting dalam penyampaian pesan.

Foto-foto yang berkualitas dari sisi fotografi akan memberi inspirasi bagi web designer untuk menentukan foto seperti apakah yang akan mengisi website yang mereka buat. Mereka akan lebih tahu dalam memilih foto yang bisa menyampaikan pesan kepada pengunjung website secara efektif.

image1

National Geographic

 

Bilboard

Bilboard adalah objek yang relatif mudah kita jumpai, khususnya di ibukota provinsi. Mereka ada di pertigaan jalan, perempatan jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. Mereka ada sebagai iklan sebuah produk mulai dari mie instant, provider telekomunikasi, produk minuman, kendaraan,  property, atau sebagai kampanye non komersial layanan masyarakat. Namun intinya mereka menyampaikan pesan kepada konsumen atau masyarakat yang lebih luas.  Design yang mencolok dengan pesan yang singkat namun jelas. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengamati billboard di tempat -tempat yang kita lalui ini, perhatikan focal pointnya, pesan yang disampaikan, warna yang digunakan dan tentu saja stylenya.

bill2

McDonald’s

 

Arsitektur

Arsitektur ada di sekeliling kita, rumah, fasilitas umum, gedung kantor, rumah ibadah, museum termasuk interior di dalamnya. Banyak sekali yang bisa menginspirasi kita yang berkaitan dengan arsitektur. Style, bentuk, tekstur, bahan, warna, posisi, yang dapat menjadi sumber inspirasi bagi kita. Untuk masalah style pada arsitektur tidak kurang jumlahnya yang bisa kita jadikan inspirasi. Ada banyak bangunan yang bergaya lama khususnya peninggalan Belanda pada rumah maupun gedung dengan gayanya yang sangat khas. Ada banyak rumah dengan dengan ciri khas daerah tertentu seperti rumah khas Jawa, Minang, Kalimantan, Bugis dan sebagainya dengan ciri khas dan keunikannya masing-masing. Ada banyak gedung perkantoran, rumah ibadah, pusat perbelanjaan dengan arsitektur yang lebih modern yang bisa memberi inspirasi.

artsi2

Museum Fatahillah, Jakarta

 

Alam

Alam adalah sumber inspirasi terbesar dan paling kaya yang pernah ada. Sungai, pepohonan, serangga, hujan, gunung, padang rumput, awan dan banyak lagi. Alam bukan hanya memberi kita inspirasi lewat apa yang kita lihat dengan mata. Alam bisa mempengaruhi apa yang kita rasa, kita dengar. Semua panca indra bisa kita gunakan untuk menangkap inspirasi yang ada di alam ini. Sinar matahari pagi yang menerpa kulit, angin yang berhembus, bunyi aliran sungai, perasaan yang tenang saat melihat hamparan padang rumput hijau semua bisa memberikan inspirasi dan mendorong kita untuk bekerja dan menghasilkan karya yang bagus.

 

Mungkin masih ada sumber inspirasi lain sesuai pengalaman masing – masing, silahkan dishare disni …





Penulis :

Web designer, graphic designer and illustrator, love digital design. View all posts by iwan setiawan

Comments

4 thoughts on “Sumber Inspirasi Bagi Web Designer

  1. Gege Riyadi says:

    Kalau saya sih simple, sumber inspirasi saya: blogwalking.
    Kalau udah jenuh urusan coding, saya rehat sejenak membaca blog-blog teman, atau searching bebas di google pasti ketemu blog-blog yang menginspirasi.. :D

  2. rere says:

    billboard,,wah sering bgt nh stiap plng kuliah ngliat bilboard yg warna dan gaya tulisannya mnarik.. sampai di bawa pulang (fotonya lho) karena tertarik dengan perpaduan warna yang digunakan…
    sumber2 lain juga bisa jadi insprasi…thanks infony,,bermanfaat bgt,,,

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development