Selamat Datang

Sejarah Web Desain dan Perkembangannya 25th Terakhir

Sejarah Web Desain – Pada saat ini desain web sudah semakin canggih, tampilan website pada saat ini sudah sangat bagus dan enak untuk di pandang mata, dengan barbagai elemen, efek, warna, dan kemampuan menyesuaikan diri dengan lebarnya layar (responsive).

Namun tahukah Anda website pertama kali muncul sekitar 25 tahun lalu dengan diluncurkannya HTML pada tahun 1990 dan dibuatnya website pertama pada tahun 1991 oleh Tim Berners-Lee. Pada saat itu website hanya sebatas teks dengan link berwarna biru untuk mengaitkan antara satu halaman dengan halaman lain, tampilannya pun masih standar saja, belum ada kolom, hanya teks yang tersusun kebawah saja. Barulah setehun kemudian dikenal tabel untuk membuat layout, dengan tabel layout website bisa dibuat menjadi kolom-kolom.

sejarah web desain

Dua tahun setelah itu muncullah java dan flash yaitu pada tahun 1995-1996, kemudian diikuti dengan perkembangan pengguna internet hingga mencapai 74 juta dan terdapat 650ribu website telah dibuat pada saat itu, dan pada tahun itu pula mulai diperkenalkan CSS untuk membuat tampilan web lebih menarik.

Perkembangan website semakin hari semakin berkembang pesat, orang-orang mulai memikirkan untuk membuat website yang dinamis, bukan hanya website statis saja, maka tidak butuh waktu lama, tahun 1998 disaat Indonesia sedang krisis moneter dan terjadi kerusuhan pada tahun tersebut lahir lah PHP, langsung versi 3. Disini website mulai berkembang karena PHP memungkinkan kita membuat website yang dinamis.

Satu tahun berikutnya yaitu pada tahun 1999 lahirlah yang namanya CSS3, dimana CSS yang ada dikembangkan dengan penambahan-penambahan fitur baru yang memungkinkan tampilan website terlihat lebih menarik.

Butuh waktu 4 tahun setelah diperkenalkannya CSS3 hingga muncul istilah Web 2.0 dimana muncul berbagai website yang semakin dinamis dimana semua orang bisa membuat website dan halaman profil tertentu hanya dari satu website seperti Blogspot, WordPress, MySpace, Tumblr dan tidak lupa ada Friendster serta Facebook, pengguna Internet pada saat itu mencapai 782 juta, dan terdapat 38 juta website yang ada di Internet.

Tahun 2008 orang mulai ramai dengan istilah Open Source, dan kala itu Mobile Web pun mulai dikenal, karena perkembangan teknologi komunikasi membuat ponsel mulai memiliki kemampuan yang cukup mumpuni, termasuk bisa digunakan untuk mengakses internet.

Pada tahun 2010 pengguna internet semakin ramai saja, terdapat 2 miliar pengguna Internet diseluruh dunia dan jumlah website pun semakin bertambah banyak mencapai angka 240 juta, hampir sama dengan jumlah penduduk Indonesia. Pada saat itu juga orang mulai mengenal HTML5 yang sampai sekarang masih sangat nge-trend dengan berbagai kecanggihannya, bahkan sampai menenggelamkan kedikdayaan Flash untuk membuat animasi web.

Sekarang web desain sudah semakin maju saja, terdapat banyak sekali Web builder yang tersedia di Internet, membuat website sudah semakin mudah, bahkan orang yang tidak memiliki dasar-dasar pemograman pun sekarang bisa dengan mudah membuat website hanya dengan drag and drop saja website sudah jadi, dan siap digunakan.

The History of Web Design

Itulah kira-kira sejarah perkembangan website dan desain selama kurang lebih 25 tahun belakangan ini. Bagaimana website kedepannya? kita tunggu dan ikuti saja perkembangannya, tutorial web desain akan selalu menemani dan mudah-mudahan bisa selalu mengikuti perkembangan tersebut.

Sampai jumpa di tulisan renyah lainnya, selamat berpuasa juga untuk teman-teman yang menjalankan puasa.





Penulis :

Website yang berisi Tutorial, Tips, Trik, Inspirasi, Opini, Cerita, Studi kasus, dan berbagai hal menarik tentang Web Design, Web Development dan Graphic Design untuk orang-orang kreatif di Indonesia. View all posts by TWD Editorial

Comments

9 thoughts on “Sejarah Web Desain dan Perkembangannya 25th Terakhir

  1. achfaizun says:

    artikelnya keren, ini bisa menjadi sinyal untuk para blogger dan pelaku bisnis online bahwa web yang menarik bisa membuat pengunjung betah berlama” baca di situs mereka

  2. dendi says:

    CSS 3 tahun 1999 udah ada :v

  3. Surdita Dana says:

    perkembangan web memang sangat pesat, sekarang aja koding web udah kayak bahasa manusia :D

  4. artikel yg menarik buat saya dan sy pun akhirnya membuat usaha jasa web di medan buat jd penghasilan gan..hehe ..makasih info nya

  5. Terimakasih artirkel nya. sekira nya saya juga masih harus banyak belar atas perkembangan dunia website dan internet thanks info nya.

  6. Aiz says:

    Keren gan artikelnya,,
    izin repost ke web ane ya gan.

  7. Autos says:

    Harus terus belajar dan belajar.. Karena dengan adanya website membuat banyak bisnis berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

  8. melihat perkembangan dunia web desain yang tiap waktu kian maju .. saya tidak sabar kemajuan apa yang akan hadir dan sampai mana 10 tahun mendatang. :D

  9. dendydewa1 says:

    perkembangan web sangat pesat, hal tersebut membuat usaha kecil menengah ikut terangkat … nice article.. thanks

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development