Selamat Datang

5 Plugin WordPress Untuk Memberi Watermark Pada Foto

Mencegah pencurian foto yang ada di sebuah website dengan memberikan watermark  agar tidak mudah untuk diakui sebagai milik pencurinya tersebut menjadi topik pembahasan kita kali ini.

A digital watermark is a kind of marker covertly embedded in a noise-tolerant signal such as audio or image data. It is typically used to identify ownership of the copyright of such signal.
– Wikipedia

Mencegah pencurian gambar yang ada di website itu cukup penting, apa lagi jika website itu adalah website milik seorang photographer profesional, hal tersebut bisa jadi sebuah keharusan, walau tidak semua seperti itu, karena banyak juga photographer yang membolehkan orang lain menggunakan foto hasil jepretan nya untuk digunakan oleh orang lain.

Selain website photographer, website yang dikhususkan untuk tempat jual beli foto juga pasti memerlukan cara-cara seperti ini.

Tidak hanya untuk profesional, untuk fotographer amatiran juga bisa mencegah gambar miliknya diambil dan diakui oleh orang lain dengan memberi watermark, dalam tulisan ini khususnya untuk anda yang memiliki website berbasis wordpress bisa dengan mudah menerapkan cara ini.

Dari pada harus memberikan tanda pada tiap-tiap gambar dengan menggunakan software seperti  Adobe Photoshop, rasanya cara ini cukup efektif untuk menghemat waktu anda.

Tulisan Terkait

Berikut ini tutorial-webdesign.com akan menampilkan beberapa plugin wordpress yang cukup berguna untuk melindungi foto yang ada di website dari aksi pencurian atau diakui oleh orang lain dan dipergunakan secara sembarangan.

1. Bulk Watermark Plugin

Bulk Watermark

Bulk Watermark

Dengan plugin ini anda bisa nemambahkan teks dibagian gambar sebagai tanda kalau ini dimiliki oleh yang memberi tanda tersebut, jika anda punya logo atau gambar identitas anda juga memasukan gambar tersebut di bagian tertentu di foto tersebut.

2. Transparent Image Watermark

Transparent Image Watermark

Transparent Image Watermark

Plugin ini akan otomatis memberikan tanda berupa teks / gambar PNG yang sudah di setting sebelum nya pada semua foto yang ada di WP Media Library, plugin ini juga memungkinkan kita untuk mengetes hasil ya (preview) dulu.

3. Scissors and Watermark WordPress Plugin

Scissors and Watermark WordPress Plugin

Scissors and Watermark WordPress Plugin

Jika dua plugin sebelumnya bisa kita gunakan untuk memberikan watermark atau tanda pada gambar, Plugin ini memiliki kelebihan lain, dimana kita bisa melakukan Croping, Rotating, Resizing, dan fasilitas untuk keperluan mengedit gambar standar lain nya.

4. Watermark My Image

 Watermark My Image


Watermark My Image

Plugin ini memungkinkan Anda untuk watermark gambar Anda, dengan penempatan yang sederhana, namun sangat disesuaikan watermarknya di bawah gambar asli (sangat mirip dengan yang digunakan 9GAG).

5. Easy Watermark

Easy Watermark

Easy Watermark

Plugin wordpress ini secara otomatis menambahkan watermark untuk gambar ketika mereka di-upload ke Media Library WordPress.


Sekian.

Sebelum menggunakan plugin wordpress apapun, saran dari kami sebaiknya uji coba dulu di komputer lokal agar mendapatkan plugin yang benar-benar dibutuhkan oleh website anda.

Semoga 5 plugin ini berguna untuk anda yang gambarnya tidak ingin diakui oleh orang lain.

Cara ini bukan satu-satu nya cara, masih banyak cara lain yang bisa anda gunakan, namun cara ini cukup berguna.

Semoga kita tidak menjadi orang yang pelit.

Salam web design indonesia.





Penulis :

Website yang berisi Tutorial, Tips, Trik, Inspirasi, Opini, Cerita, Studi kasus, dan berbagai hal menarik tentang Web Design, Web Development dan Graphic Design untuk orang-orang kreatif di Indonesia. View all posts by TWD Editorial

Comments

6 thoughts on “5 Plugin WordPress Untuk Memberi Watermark Pada Foto

  1. saya says:

    wahh makasih nihh sangat membantu tugas kuliah saya :D

  2. Qy says:

    Waih..ternyata ada pluginnya juga (y)
    sip sip….

  3. thank infonya broo…. manfaat banget….

  4. Semuanya bagus, namun pilihan jatuh pada bulk watermark. Terima kasih atas infonya…

  5. Terimakasih mas atas infonya, sangat membantu, jadi Sudah tidak perlu edit Foto melalui Foto Scape, langsung bisa di web,,, salam

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development