Selamat Datang

Perbedaan Tugas Web Designer, Web Developer dan Web Master

Perbedaan Tugas Web Designer, Web Developer dan Web Master — Banyak orang yang agak bingung apa bedanya pekerjaan web designer dan web developer serta ada istilah lain yaitu web master. Sebagian orang bahkan ada yang menganggap semua pekerjaan tersebut sama. Makanya tak hayal banyak orang yang sebenarnya hanya web designer di tawarin pekerjan atau diminta untuk membuatkan website oleh seseorang.

Berikut ini adalah ulasan singkat tentang apa perbedaan antara web designer, web developer dan web master.

Web Designer

Web designer yaitu orang yang bekerja dengan unsur-unsur visual pada suatu halaman web. Web designer adalah orang yang tugasnya membuat tampilan halaman website sehinga tampak begitu cantik dan sedap dipandang mata. Biasanya desainer web mengintegrasikan berbagai komponen seperti file gambar, file video seperti flash(namun sekarang flash ini sudah tidak direkomendasikan), atau multimedia lain ke dalam sebuah halaman website untuk menambah pengalaman visual bagi para pengguna, atau untuk melengkapi hamalan konten website.

web master designer developer

Foto via designgraphics.info

Pemahaman tentang Client-side scripting seperti HTML, CSS, Javascript serta mengerti cara memanipulasi gambar / foto dan animasi adalah beberapa hal yang dikuasai oleh web desainer. Web designer biasanya bekerja dalam sebuah tim untuk memastikan sebuah tampilan website bisa membuat aplikasi web bekerja dengan baik. Keterampilan tambahan yang biasanya perlu dimiliki adalah komunikasi yang baik, ini tentu akan menjadi sangat berguna untuk para web desainer dalam menyelesaikan pekerjaannya. Hal lain yang juga harus dimengerti oleh web designer adalah masalah usability atau kegunaaan, standar W3C untuk HTML dan CSS serta kompabilitas tampilan pada browser yang berbeda, bahkan yang terbaru web desainer harus mengerti masalah tampilan website yang harus bisa dibuka di setiap perangkat yang memiliki ukuran layar berbeda atau biasa diserbut desain web responsif atau responsive web design.

– Baca juga: Tugas & Pekerjaan Seorang Web Designer

Web Developer

Web Developer adalah orang yang pekerjaannya menciptakan aplikasi berbasis website dengan menggunakan bahasa pemograman seperti Java, PHP, .NET, atau Python.

Pada prakteknya, web developer membuat berbagai hal bisa “terjadi” pada sebuah website. Peran web developer adalah sebagai penghubung dari semua sumber daya yang nantinya digunakan pada sebuah website, yang meliputi penggunaan database, membuat halaman yang bisa dinamis, sampai mengatur cara pengunjung berinteraksi dengan elemen yang ada di website yang dibuatnya.

Seorang web designer yang handal biasanya akan terbiasa dengan bahasa pemograman web, baik itu yang ada di bagain server (server side scripting) maupun dari sisi klien (Client-side scripting). Aspek tampilan biasanya menjadi hal yang tidak terlalu dipusingkan oleh seorang web developer, dia pasti memahami HTML dan CSS tapi desain website itu juga membutuhkan kreativitas dan jiwa seni, jadi walaupun web developer memahami setiap perintah yang ada di HTML dan CSS, dia tidak bisa dipekerjakan sebagai web designer karena tidak memiliki kemampuan dalam membuat desain, hanya untuk mengaplikasikan desain yang telah dibuat menjadi lebih dinamis pastilah dikuasai oleh web developer.

Web Master

Web Master bisa saja orang yang memiliki dua kemampuan yang kita bahas diatas, namun kelebihannya adalah web master ini juga bertugas untuk memelihara aplikasi web yang telah dibuat, memastikan website selalu bisa diakses atau tidak down. Bahkan webmaster juga bisa saja bertanggung jawab untuk optimasi mesin pencari (SEO), mengisi konten website, hingga memasarkan website itu sendiri kepada publik.

Namun pada skup kelompok kerja yang lebih luas, webmaster akan lebih banyak ditugaskan untuk menjadi manager dari sebuah proyek berbasis web, mengatur pekerjaan web developer dan web designer, sampai melakukan pengujian terhadap usability atau kebergunaan aplikasi web yang terlah dibuat sebelumnya, melakukan testing, bahkan urusan keamanan website.

– Baca juga: Perbedaan Graphic Designer, Web Designer, UI Designer, UX Designer dan Front End Developer

Bagi seorang web developer, kemampuan logis sangatlah diperlukan untuk mengatur alur aplikasi web, sedangkan web designer membutuhkan kemampuan artistik dan juga kreativitas, yang pasti jiwa seninya harus kuat. Sedangkan Webmaster akan lebih banyak membutuhkan kemampuan logis, artistik, serta pengalaman yang baik dalam permasalahan umum yang ada di dunia web, seperti mengatur file yang ada di hosting, memastikan website bebas hacker, website tidak down, dan hal penting lainnya.





Penulis :

Website yang berisi Tutorial, Tips, Trik, Inspirasi, Opini, Cerita, Studi kasus, dan berbagai hal menarik tentang Web Design, Web Development dan Graphic Design untuk orang-orang kreatif di Indonesia. View all posts by TWD Editorial

Comments

13 thoughts on “Perbedaan Tugas Web Designer, Web Developer dan Web Master

  1. philiplambok says:

    nice sharing bro..

  2. Yap.. Great Sharing..

  3. TexasPk says:

    Thanks Gan Bermanfaat

  4. ahmad mushofarudin says:

    min minta ajarin caranya membuat search bar di dreamweaver yang seperti di search bar tutorial web design,, terimakasih min

  5. oceano says:

    diantara web design, web developer dan web master saya lebih tertarik mempelajari jadi web design kalau web developer pusing melihat kode kode bahasa pemrograman

  6. kekaishi99 says:

    maksudnya memanipulasi gambar atau foto itu gimana ya ?
    sama standar W3C itu apa ?

    • Kadang ada website bertema fantasi yang harus dibuat, dan itu membutuhkan manipulasi gambar dan foto, atau ketika membuat website untuk kecantikan, maka wajah yang digunakan di foto itu harus dimanipulasi, misal kalau ada jerawat harus dibersihkan.

      Standar W3C itu standar yang dibuat oleh W3C tentang bagaimana menulis kode HTML dan CSS yang benar/valid.
      Selanjutnya silahkan dicari di google ya, informasi tentang itu sudah lengkap

  7. yeahhh manipulasi gambar-gambar dan script agar membentuk tampilan yang wow.. Itu sangat mengasyikan, tapi kalau memahami syntax-syntax huffft nyerah gan, apa lagi di situs ini ngelihat struktur php, jquery, html, css jadi puyeng kepala saya :)
    saya pernah berpikir apa mungkin suatu website itu dibuat sendirian ?

  8. Yusril says:

    weh weh weh … baru tahu ane web master :v mantap lah

  9. awalnya saya masih bingung om, tapi udah agak terangan abis baca artikel ini.. makasih om.. :)

  10. Ryan Djide says:

    Ohh Jadi ini ya perbedaan nya.. Berarti saya termasuk Web master dong.. Hahaha Soalnya untuk msalah develop sampe Designer masih suka bingung.. Tau nya cuman Posting, Ngatur Widget, tema, plugin Dan mengontrrol Error crawl di Setiap Search engine :D ..

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development