Selamat Datang

Memahami Perbedaan Post dan Page Pada Sebuah Website

Memahami perbedaan antara Page dan Post sebelum anda membuat website tentu sangat diperlukan, agar anda tidak salah membuat dan tidak salah dalam mengartiken fungsinya masing-masing.

Page atau halaman biasanya berisi data yang statis dimana jumlahnya biasanya tidak banyak, tidak sering berubah, bahkan hanya sekali dalam satu tahun pun biasanya jarang terjadi. Contoh page ini adalah halaman About Us, Visi, Misi dan yang sejenis.

Page biasanya tidak mengandung informasi berita yang ditambahkan ke dalam website secara teratur, karena halaman/page ini bersifat tetap.

Page / Halaman biasanya didefinisikan sehingga mereka selalu dapat diakses dari halaman depan. Beberapa orang membangun seluruh website nya hanya dengan page saja, atau bahkan hanya satu page, ini terjadi untuk website-website yang kebutuhan konten nya sedikit, dan biasanya website berjenis ini populer atau sering digunakan di website skala kecil yang kadang hanya ingin sebuah brosur online.

Perbedaan Post dan Page

Perbedaan Post dan Page di WordPress

Post biasanya berisi informasi semantik dan kronologinya diatur, di tambahkan secara berkala, bisa tiap hari bahkan kadang setiap menit, seperti di website berita. Post bisa digunakan untuk menulis berita, laporan dari suatu event atau sebuah kejadian, atau hasil dari sebuah pertandingan, dan sejanisnya.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Meningkatkan Desain Blog dan Website

Struktur semantik post ini biasanya didefinisikan oleh kategori (secara luas), dan tag/label (secara lebih spesifik), hal ini berguna agar pengunjung website tidak bingung dan dapat dengan mudah menjelajahi seluruh post yang ada. Post juga kadang bisa di bagi berdasarkan tanggal terbitnya, berdasarkan hari, bulan atau tahun. Kadang jika website tersebut berjenis website yang memiliki banyak penulis, maka post bisa disortir berdasarkan penulisnya.

Jika anda menggunakan platform wordpress kadang anda bisa membuat jenis post lain, biasanya dinamakan custom post type, disini anda bisa membuat postingan berupa berita, foto, gallery, event, kutipan, video, audio, teks, dan lain sebagainya.

post layout

contoh elemen dari sebuah post

Itulah sedikit perbedaan antara post dan page yang ada dalam sebuah website, termasuk website yang dibuat dengan wordpress yang sangat erat dengan post dan page.

Baca Juga: 5 Prinsip Web Design Yang Baik

Semoga artikel ini bisa mencerahkan anda dan membuat anda paham perbedaan post dan page.





Penulis :

Website yang berisi Tutorial, Tips, Trik, Inspirasi, Opini, Cerita, Studi kasus, dan berbagai hal menarik tentang Web Design, Web Development dan Graphic Design untuk orang-orang kreatif di Indonesia. View all posts by TWD Editorial

Comments

4 thoughts on “Memahami Perbedaan Post dan Page Pada Sebuah Website

  1. Sering nemu blog-blog yang make post dibuat jadi page :D

  2. karimun jawa says:

    page lebih ke “statis” mungkin gitu om ? hehe

  3. julio says:

    Mo nanyak. Ini kan misalnya ada banyak post terus dijadikan satu category, dan kita bisa melihat page category, nah ini punya saya pake bootstrap,. Ketika diklik yg category, halamannya seperti g ad theme, cuma tulisan dari semua post…g ad gambar, trus pemisah satu post dgn yg lainnya, (seperti continue reading gtu maksud saya)…padahal kalo dklik satu persatu postnya, ya rapi dan tertata, semua rapi… Cm masalah page category bermasalah…Bisa dibantu g?

  4. tapi kalo untuk jualan online enkanya di post apa di page ya bro?? tol

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development