Selamat Datang

Perbedaan Graphic Designer, Web Designer, UI Designer, UX Designer dan Front End Developer

Di era teknologi informasi sekarang ini kita sering menjumpai beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan website dan aplikasi. Pada kesempatan ini penulis akan berbagi penjelasan dengan pembaca berkenaan dengan istilah-istilah pekerjaan tersebut. Graphic designer sengaja ikut dicantumkan sebagai pembanding.

Graphic Designer

Orang yang tugasnya mendesain pamflet, poster, brosur, buku dan media cetak lainnya. Mereka mengatur komposisi image, teks, font untuk menghasilkan suatu grafis yang bagus sebagai bentuk komunikasi visual antara pemilik pesan dan khalayak yang dituju. Aplikasi yang biasa dipakai diantaranya Photoshop, Illustrator, Corel Draw.

Berkaitan dengan pekerjaan web, seorang graphic designer bisa saja membuat sebuat layout untuk halaman web lengkap, ada banner, menu, search box, content body, footer menggunakan Photoshop atau Illustrator. Namun untuk konversi menjadi halaman HTML dan implementasi CSS nya selanjutnya akan dikerjakan oleh web designer.

Web Designer

Mereka yang tugasnya membuat halaman web, membangun struktur halaman web tersebut menggunakan HTML dan CSS. Mengatur layoutnya, termasuk diantaranya letak menu, banner, teks, posisi konten. Menata link dan konten didalam suatu webste sehingga menjadi suatu website yang utuh. Tugas dari web designer termasuk memastikan website tampak bagus secara visual.

User Interface (UI) Designer

Image by Baldiri

Image by Baldiri

User Interface Designer memiliki pekerjaan yang tidak jauh berbeda dengan web designer, terkadang si designer sendiri atau tempat dimana dia bekerja menamakannya secara berbeda. Namun bila web designer hanya mengerjakan pekerjaan website saja, UI designer mencakup interface applikasi smart phone atau software interface. Secara umum penerapan yang dilakukan web designer pada halaman web dan interface designer pada interface aplikasi/software adalah sama.

User Experience (UX) Designer

Orang yang bertanggung jawab pada sisi experience (pengalaman) yang dialami oleh pengguna (user) pada saat mengakses suatu sistem. Sistem tersebut bisa website, aplikasi website, atau aplikasi smart phone. Sebagai contoh pada saat user mengakses website, apakah mereka akan mudah menggunakannya, apakah bermanfaat, efisien, tidak membingungkan. Pada saat user membeli suatu produk di situs e-commerce apakah prosedurnya mudah atau justru terlalu rumit. Pada saat user mengisi form cukup hanya beberapa langkah atau malah memakan waktu. Ini semua adalah beberapa contoh pekerjaan yang harus diselesaikan oleh UX designer.

Tuntutan terkini terhadap suatu website adalah website yang berpusat pada user (user-centered design) bukan pada selera designernya atau kemauan dan selera pemilik.

Front End Developer

Orang yang bertanggung jawab pada website di sisi implementasi HTML, CSS dan Javascript. Mereka bekerja tidak atas tuntutan supaya web terlihat bagus, artistik secara visual tapi lebih ke sisi fungsionalnya. Bagaimana supaya user mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, tool-tips yang informatif, slide banner promosi yang efektif, ini semua dalam implementasinya dilakukan oleh front end developer.

Nama pekerjaan di atas tidak menjadi istilah baku karena sering juga dinamakan dengan nama yang berbeda, ada agency/freelance yang menamakan pekerjaan graphic design dengan nama graphic artist. Disamping itu juga bisa saja seorang memiliki lebih dari satu keahlian, misalnya seorang web designer namun juga mampu mendesain untuk media cetak seperti brosur, pamflet, poster dan lainnya. Seorang web designer yang mampu mendesain halaman web sekaligus smart phone application interface. Begitu pula kadang ada perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk web designer namun skill yang harus dimiliki juga meliputi PHP & database MySQL yang notabene adalah pekerjan web developer.

* Tambahan dari admin TWD: Sinergi antara bidang pekerjaan diatas sangat diperlukan untuk menciptakan suatu karya yang baik dan berkualitas.

Punya pengalaman atau penjelasan tambahan tentang bidang pekerjaan ini? silahkan tuliskan pendapat anda di bagian komentar.





Penulis :

Web designer, graphic designer and illustrator, love digital design. View all posts by iwan setiawan

Comments

16 thoughts on “Perbedaan Graphic Designer, Web Designer, UI Designer, UX Designer dan Front End Developer

  1. Crystal X says:

    Setuju banget dengan admin TWD : “Sinergi antara bidang pekerjaan diatas sangat diperlukan untuk menciptakan suatu karya yang baik dan berkualitas.”

  2. Kalo selama ini saya nganggepnya Web Designer dan Front End Developer itu sama, dan berada dalam satu lingkup UI Designer :D

  3. Brian Jubiakto Murthyady says:

    Arikel yg bagus min,,,
    tp ane mau tny ne soal yg agak nyerempet sm artikel ini…

    klo di web developer, proses kerja untuk produksi satu web bagaimana y?
    serta siapa dan keahlian apa saja yg dibutuhkan di masing-masing prosesnya mulai dr praproduksi, produksi sampaipublishing

    atas perhatian dan jawabannya saya ucapkan terima kasih :)

  4. Bisa di bilang saya 3-3nya… :|
    Saya ngerjain hampir semua sistem yang diperlukan…

  5. wah artikel menarik banget nih, memang kadang suka ketuker antara graphic designer sama web designer ya.. padahal belum tentu graphic designer bisa design web..
    terimakasih, jadi tau istilah UX designer.. :)

    • Fenie Chintya says:

      @Achmad_Satriyo betul saya sependapat dengan anda bahwa seorang graphic designer dengan web designer berbeda. Namun, pada dasarnya seorang graphic designer bisa menjadi web designer, karena web design hanyalah spesifikasi media komunikasi bagi graphic designer.

  6. I'm Nagekeo says:

    garamnya makin banyak dimakan neh sob, nambah ilmu baru. makasih

  7. Sukarja says:

    Graphic Designer adalah orang yang mendesain barang cetakan, seperti brosur, poster, spanduk dan lain sebagainya, termasuk mendesain yang sering kita lihat hasil cetakan majalah, suratkabar, juga desain baner2 web.

    Keahliannya Photoshop, Ilustrator, FreeHsbd, CorelDraw, dan memahami konsep warna cetak dan juga resolusi hasil cetak.

    Misalnya kertas koran yg rasternya 65lpi, maka hasil desainnya sekitar 170dpi…itu utk desain berfornat bitmap dr Photosop

    Kalo aplikasi Ilustrator, freehand, juga Corel itu format vector gak pecah kualitasnya di cetak di mana pun.

    • Fenie Chintya says:

      @Sukarja sepertinya yang anda deskripsikan tidak tepat untuk graphic designer, melainkan tukang percetakan. Seorang graphic designer bukan-lah orang yang hanya mendesain dan membuat poster dan sejenisnya. Graphic designer adalah komunikator yang menghubungkan komunikasi antar produsen dengan konsumen dan memiliki keahlian berkomunikasi secara verbal dan non-verbal, bukan keahlian photoshop dan sebagainya, itu hanyalah tools yang membantu seorang graphic designer untuk membuat suatu karya desain.

  8. jeje says:

    mantep artikelnya bermanfaat gan

  9. […] – Baca juga: Perbedaan Graphic Designer, Web Designer, UI Designer, UX Designer dan Front End Developer […]

  10. marqonah says:

    cuma bikin layout website, berarti graphic designer ya.
    sangat bermanfaat :))

  11. Gan, maksud dari Front-End Designer itu apa ya ? saya baru belajar nih :)

    • Mungkin yang Anda maksud Front-end developer, yaitu orang yang membuat kode program untuk tampilan website. Mereka biasanya menguasai client-side seperti HTML, CSS dan JS. Menurut kami orang yang membuat Framework Bootstrap bisa kita sebut front-end developer.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development