Selamat Datang

3 Pengetahuan Dasar Untuk Desainer Web Pemula

Pengetahuan dasar untuk desainer web pemula – Untuk web desainer pemula, dunia desain hadir dengan ratusan pilihan dan memiliki banyak keunikan, beberapa desain diantaranya lebih cocok dari pada yang lain. Namun kebijakan dalam memilih sehingga menghasilkan sesuatu yang berguna untuk pengguna ini bisa datang dari pengalaman yang memakan waktu cukup lama hingga bertahun-tahun.

Namun, ada beberapa aturan dasar yang harus diikuti oleh pemula agar sebuah website dianggap bagus dan berguna oleh para pengunjungnya.

1. Hirarki Visual

Prinsip hirarki visual harus benar-benar diikuti oleh desainer. Hirarki memandu pengunjung menuju konten yang dianggap sesuatu yang paling penting. Tapi itu tidak terbatas pada teks saja. Gambar juga termasuk dalam prinsip ini. Dalam kebanyakan budaya, teks dibaca dari kiri-ke-kanan dan atas-bawah. Jadi, teks dan gambar harus banyak mengikuti aturan ini.

visual hierarchy

Hirarki visual (Foto: vanseodesign.com)

Aspek lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa orang ingin berpindah-pindah halaman lebih sering dibandingkan dengan membaca isi halaman itu sendiri sampai tuntas. Pola-pola membaca harus juga di ikuti oleh desainer dalam menciptakan halaman web. Jadi penting untuk menempatkan elemen penting seperti logo dan ajakan untuk melakukan tindakan (seperti menekan tombol buy atau register). Desainer sebanarnya menjadi sinyal acuan bagi para pengunjung untuk mengetahui bagian mana yang perlu dibaca terlebih dahulu, dan selanjutnya harus kemana.

2. Memilih Font Dengan Benar

Aturan dasar untuk mendesain web yang baik adalah untuk menggabungkan judul tulisan dan teks pada badan website dengan font yang sesuai. Berbagai macam font yang tersedia untuk desainer sekarang ini, semua terlihat modern. Jadi, saat ini jauh lebih mudah untuk memilih sebuah font yang cocok dengan bisnis website dan pesan apa yang ingin disampaikan kepada pengunjung melalui tulisan tersebut.

memilih font untuk website

Desainer harus pandai memilih font (Foto:coalesceideas.com)

Memilih font yang tepat jauh lebih mudah karena ketersediaan font gratis yang sangat banyak dan ini tentunya berbeda dengan dahulu dimana kita harus membayar mahal. Ini berarti bahwa font berkualitas tinggi dapat dimasukan ke dalam website tanpa menghabiskan banyak uang untuk membeli font berbayar. Banyak situs penyedia layanan font seperti Footspring, WebINK, Typekita dan Fontdeck yang bisa anda gunakan, disamping itu ada juga Google Web Font yang penggunaannya sangat masif saat ini.

– Baca juga: Cara Mudah Mengetahui Jenis Font Pada Sebuah Website

Tapi perlu untuk mempertimbangkan font serif untuk judul dan sans-serif untuk teks body sebagai aturan. Menjaga jumlah font pada sebuah website untuk tidak lebih dari 2-3. Anda juga harus ingat bahwa beberapa file font biasanya sangat besar dan mereka dapat memperlambat loading sebuah website.

3. Warna dari Gambar

Prinsip-prinsip warna dan gambar sangatlah penting untuk diikuti oleh desainer saat membuat website. Penempatan gambar dan pennggunaan warna bisa menghancurkan website itu sendiri jika tidak dilakukan dengan benar, jadi harus benar-benar selektif untuk hal ini. Para desainer harus bisa mengendalikan diri agar tidak menggunakan dua hal tersebut secara berlebihan.

Penggunaan warna sangat penting untuk memberikan website tampilan yang sederhana atau tampilan yang kompleks. Usahakan untuk selalu membuat sederhana hal ini dengan hanya memasukan dua atau tiga warna dalam website. Namun perlu diingat juga bahwa warna harus menggambarkan brand klien nya. Warna juga harus mengikuti aturan hirarki visual yang menyiratkan bahwa bagian yang pelaing penting dari situs harus disorot dengan warna yang berbeda.

warna gambar

Untuk gambar, sebaiknya hindari penggunaan flash dan gambar-gambar bergerak. Pengunjung lebih suka untuk jika gambar tersebut diam. Dan jangan pernah menggunakan gambar hanya karena ingin mengisi ruang kosong tanpa maksud dan tujuan yang jelas.





Penulis :

Website yang berisi Tutorial, Tips, Trik, Inspirasi, Opini, Cerita, Studi kasus, dan berbagai hal menarik tentang Web Design, Web Development dan Graphic Design untuk orang-orang kreatif di Indonesia. View all posts by TWD Editorial

Comments

6 thoughts on “3 Pengetahuan Dasar Untuk Desainer Web Pemula

  1. kristiawan adi says:

    sederhana dan kompleks itu yang seperti apa min?
    saya kurang mengerti.

    • Website itu kan ada yang minimalis dan ada juga yang pewarnaannya kompleks, detik contohnya termasuk yang kompleks, sedangkan website apple termasuk contoh minimalis

  2. […] web design kali ini akan memberikan jalan kepada Anda untuk memulai petualangan baru Anda di dunia web desain, pada tulisan kali ini kami akan menampilkan beberapa tutorial membuat desain web dengan photoshop […]

  3. Citra Indah says:

    Terimakasih atas info nya bro :)

  4. […] web design kali ini akan memberikan jalan kepada Anda untuk memulai petualangan baru Anda di dunia web desain, pada tulisan kali ini kami akan menampilkan beberapa tutorial membuat desain web dengan photoshop […]

  5. terimakasih sangat membantu

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development