Selamat Datang

Pengenalan Responsive Web Design

Pengenalan responsive web design / desain web responsif – Hallo para pembaca TWD, pertama-tama kami ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru 2015 untuk para pembaca semuanya, semoga tahun ini menjadi tahun yang lebih baik untuk kita dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Ini adalah postingan pertama kami di tahun 2015 ini, dan untuk sajian pembuka diawal tahun 2015 ini kami akan memulainya dengan pengenalan Responsive Web Design (RWD) kepada anda semua, dan tulisan tentang desain web responsif ini mungkin akan berlanjut pada artikel-artikel berikutnya sampai kita semua memahami dengan baik apa itu desain web responsif, karena tidak bisa dipungkiri bahwa responsive web design bisa dibilang adalah masa depan website.

Seperti kita ketahui bahwa pertumbuhan pengguna perangkat mobile dan smartphone untuk browsing internet telah berkembang pesat selama 5 tahun terakhir. Bahkan Morgan Stanley pernah memperkirakan bahwa pada tahun 2015 traffic mobile internet akan menyalip traffic desktop, itu artinya orang yang akses web melalui mobile (handphone & tablet) lebih banyak dibanding personal komputer (desktop & notebook).

Baca juga: 6 Tips Untuk Membuat Website Responsive

Persyaratan bagaimana website harus digunakan dan layar untuk membuka website tersebut pun telah banyak berubah. Sebelumnya situs dioptimasi hanya untuk para pengguna komputer desktop, namun kini desainer semuanya membangun website dengan pendekatan mobile-first untuk memaksimalkan desain UX pada website nya. Tidak hanya itu, pengunjung website sekarang mengharapkan bahwa sebuah situs web di optimalkan untuk mobile browsing, dan jika mereka menemukan sebuah website yang tidak bisa dibuka secara optimal di perangkat mobile maka hal ini dapat menimbulkan kesan pertama yang negatif, menghalangi mereka untuk melakukan bisnis dengan anda. Menurut situs Hubspot; 61% orang akan memiliki opini yang baik/positif dengan sebuah brand ketika mereka (brand) menawarkan pengalaman mobile yang baik atau dengan kata lain website yang bisa dibuka disemua perangkat lebih disukai pengunjung. Bisa dibayangkan sekarang orang ingin membuka website dari layar jam tangan mereka. #shocked

Smartwatch Browser

Image by newgadgets.de

Apa Itu Web Responsive?

Singkatnya, desain web resposif memungkinkan situs website untuk menyesuaikan atau merespon bagaimana, dimana dan dengan apa website tersebut dilihat/diakses oleh seseorang. Hal ini tentu mempengaruhi layout website tersebut secara eksklusif, dan dapat mempengaruhi apa yang ditampilkan pada perangkat tertentu, seperti di ponsel, atau di perangkat yang memiliki layar sentuh.

Baca Juga: 9 Prinsip Dasar Responsive Web Design

Responsive Web Design adalah metode desain web yang memfokuskan pada penyediaan user experience yang optimal pada sebuah situs. Web designer & developer mencapai ini dengan membangun sebuah website yang dapat di re-size, re-display serta dapat di restruktursisasi elemen navigasi dan layout nya di berbagai perangkat. Contohnya adalah website The Boston Globe atau website TWD yang anda buka ini.

Sedikit Sejarah Tentang Responsive Web Design.

Istilah responsive web design pertama kali diciptakan oleh Ethan Marcotte pada May 2010 pada sebuah artikel di website A List Apart. Dia menjelaskan bahwa desain web responsif tidaklah satu konsep, tapi betul-betul puncak dari beberapa teknik untuk menyesuaikan situs desktop agar optimal juga di perangkat mobile.

history of web design

image by alistapart.com

Walau bagaimanapun ada perbedaan signifikan antara mobile website dan responsive website. Perbedaan pertamanya yaitu layout mereka terlihat agak berbeda. Yang kedua adalah bahwa domain situs web mobile berada pada sub domain atau sub folder yang terpisah; biasanya mobile website akan terlihat seperti m.detik.com, namun pada website responsive domain nya adalah sama antara dekstop dan mobile.

Meskipun situs mobile lebih murah dibanding responsive, namun pada kenyataannya bahwa anda memiliki dua domain terpisah dan pada dasarnya dua website memiliki efek dramatis pada SEO dan User Experience (UX). Sering kali situs web mobile tidak akan memiliki peringkat di search engine.

Mengapa Desain Web Responsif Lebih Populer Dibanding Website Versi Mobile Lain?

Tantangan janka panjang dengan aplikasi murni dan situs mobile adalah mereka sangat sulit dalam segi maintenance & development, dimana jika anda membangun dua versi untuk satu website yaitu versi desktop dan versi mobile, berarti programmer anda harus mengoptimasi dua sistem sekaligus, walaupun sistem itu bisa dijadikan satu namun tetap akan memakan lebih banyak waktu dan tenaga bahkan sumber daya untuk mengelola dan mengopsimasi keduanya. Jadi solusinya tetap membuat satu website yang bisa di buka diberbagai perangkat, itu merupakan solusi paling efisien dan murah untuk saat ini dan kedepan. Mengingat pengguna smartphone dan kecepatan internet semakin meningkat seiring waktu.

Desain web responsif telah menjadi standar untuk situs web yang sedang dirancang dan dibangun saat ini dan tidak diragukan lagi akan terus terjadi dalam tahun-tahun kedepan. Sebagaimana desain web responsif menjadi aturan/standar web masa kini, maka pendekatan mobile-first untuk desain web juga pasti akan tumbuh menjadi lebih populer.

Baca juga: Responsive Website vs Mobile Website

Desain web responsif dalam prakteknya menggunakan beberapa metode dan teknik yang berbeda untuk mencapai tujuan yaitu user experience yang optimal untuk website versi mobile.

Desain web yang mobile friendly sekarang merupakan bagian yang sangat penting dari situs website apapun. Jadi jangan ragu untuk memilih opsi Responsive Web Design untuk website versi mobile pada website anda.

Nantikan kelanjutan seri pembahasan Responsive Web Design ini pada postingan-postingan berikutnya. ~ Salam web design Indonesia





Penulis :

Website yang berisi Tutorial, Tips, Trik, Inspirasi, Opini, Cerita, Studi kasus, dan berbagai hal menarik tentang Web Design, Web Development dan Graphic Design untuk orang-orang kreatif di Indonesia. View all posts by TWD Editorial

Comments

5 thoughts on “Pengenalan Responsive Web Design

  1. […] menjawab apa itu responsive web anda bisa membaca postingan sebelumnya tentang Pengenalan Responsive Web Design. Selanjutnya kita langsung masuk ke benefit atau manfaat responsive web […]

  2. Freddy says:

    eh tadi coba ngecilkan dan besarkan website web agan belum responsive gan :D

    Just check it :D

  3. […] ini adalah lanjutan dari pembahasan responsive web, sebelumnya kita sudah berkenalan dengan responsive web, lalu setelah itu kita membahas secara lengkap apa manfaat dan kegunaan responsive web untuk bisnis […]

  4. aanghasta says:

    terima kasih, infonya sangat bermanfaat (y)

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development