Selamat Datang

Migrasi Dari Satu Domain ke Domain Baru Dengan Tetap Menjaga SEO

Minggu ini kami resmi sudah berpindah dari domain sebelum nya yaitu (www.wakakadesign.com) ke sebuah domain baru (www.tutorial-webdesign.com), kami rasa nama domain baru ini cukup bagus karena sangat berkaitan dengan topik-topik yang ada di website ini, yaitu semua yang berhubungan dengan dunia Web Design & Web Development.

Dengan berubahnya nama domain ini berarti semua juga yang berhubungan juga berubah, seperti Twitter, Facebook dan juga alamat email. Semua kami seragamkan agar mudah dalam pengelolaan nya.

Mengapa Kami Pindah Domain?

Mengapa harus pindah ke nama domain baru? Mungkin itu pertanyaan yang ada di pikiran anda saat ini.

Ada banyak faktor yang membuat kami ingin pindah dari domain sebelum nya ke domain baru, salah satu nya yaitu penggunaan kata Wakaka yang agak-agak bermasalah. Ini adalah faktor utama yang membuat kami memutuskan pindah domain.

Disamping alasan-alasan lain yang berkaitan dengan SEO.

Baiklah, kita masuk ke bagian teknis bagaimana memindahkan suatu website ke website baru dengan cara yang terbaik.

Untuk itu anda dapat mengikuti cara-cara yang kami lakukan berikut ini.

  1. Pastikan anda sudah menemukan nama domain yang baru terlebih dahulu.
  2. Pastikan anda melakukan backup file dan database (Download semuanya dan simpan baik-baik).
  3. Copy semua file yang sudah di backup ke domain baru, atau jika anda tidak mau repot, tinggal minta bantuan ke Technical Support tempat anda menyewa domain dan hosting untuk perubahan nama domain dari hosting yang kamu sewa saat ini.
  4. Menyesuaikan URL dan PATH di database website lama ke website baru. Ini yang paling penting, lalu bagaimana caranya? Lakukan Find and Replace pada file .SQL yang sebelum nya sudah anda backup. Buka file tersebut dengan editor kesukaan anda, contoh kami menggunakan Notepad++
    Contoh: cari http://www.wakakadesign.com lalu Replace dengan http://www.tutorial-webdesign.com
    lakukan juga perubahan file PATH
    Contoh: cari /home/wakaka replace dengan /home/tutorial
  5. Setelah semua file berada di server baru, saat nya anda import file .SQL yang sudah disesuaikan URL dan PATH nya ke database baru.
  6. Jangan lupa juga mengatur file konfigurasi database, karena kami menggunakan WordPress, jadi kami lakukan konfigurasi di file wp-config.php
  7. Selesai, sekarang website baru kamu sudah bisa diakses dengan nama domain yang baru.

Berkaitan Dengan SEO

Karena website yang lama sudah terlanjur dikenal orang lain, dan google pun sudah mengindex URL yang ada di domain lama, maka sebaiknya ketika orang lain mengakses URL yang ada di domain lama maka dia akan di redirect atau diarahkan ke domain yang baru agar artikel tetap terbaca, akan mubazir jika ketika orang lain mengakses yang dia temukan adalah Server Not Found, atau File Not Found.
Kita harus tetap menjaga SEO website kita tetap baik walaupun sudah pindah domain

Contoh :

Ketika seseorang mengakses http://www.wakakadesign.com/1/2/3 maka dia akan di arahkan/diredirect ke http://www.tutorial-webdesign.com/1/2/3

Bagaimana melakukan nya?

Cara terbaik yaitu dengan mengubah file .htaccess di domain yang lama, dengan menuliskan potongan code yang biasa di kenal dengan REDIRECT 301 berikut ini.

Redirect 301 / http://www.tutorial-webdesign.com/

Atau anda juga bisa meredirect dengan menulis code berikut ini di file index.php yang berada di domain yang lama

<?php
Header("HTTP/1.1 301 Moved Permanently");
Header("Location: http://www.tutorial-webdesign.com/");
?>

Google Webmaster Tools.

Jika anda sebelumnya mengatur settingan website anda dengan Google webmaster tools, maka anda juga perlu melakukan pengaturan ulang.
Lakukan request untuk perpindahan nama domain di menu Configuration > Change of address

Google Web Master Tool

Google Web Master Tool

Oke sekian artikel dan cerita perpindahan domain yang kami lakukan, semoga ini bisa menjadi pelajaran untuk anda yang sedang atau ingin melakukan perubahan nama domain juga.

Kalau ada saran dan masukan silahkan tinggalkan komentar ya, demi pengetahuan bersama :)

Jadi ingat sekarang domain baru kami beralamat di

http://www.tutorial-webdesign.com

Salam Web Design & Development Indonesia.

Image by : Bruno. (71)





Penulis :

Website yang berisi Tutorial, Tips, Trik, Inspirasi, Opini, Cerita, Studi kasus, dan berbagai hal menarik tentang Web Design, Web Development dan Graphic Design untuk orang-orang kreatif di Indonesia. View all posts by TWD Editorial

Comments

25 thoughts on “Migrasi Dari Satu Domain ke Domain Baru Dengan Tetap Menjaga SEO

  1. kok punya saya saat mengakses url artikel domain lama nggak bisa redirect otomatis ke url artikel domain baru ya….?

    misalnya:
    saat saya mengakses

    domainlama.com/contoh-url-artikel

    ingin saya otomatis mengakses

    domainbaru.com/contoh-url-artikel

    saya sudah edit htaccess tapi cuma homenya aja yang ke redirect :(

  2. Terima kasih atas sharingnya…
    Akan saya coba…..

  3. […] pada tanggal 19-Jun-2012, proses migrasi kami kami ceritakan dalam sebuah postingan berjudul Migrasi Dari Satu Domain ke Domain Baru Dengan Tetap Menjaga SEO […]

  4. […] pernah punya pengalaman tentang pemilihan nama domain, dimana website ini dulu namanya adalah wakakadesign.com dan karena berbagai hal terkait penggunaan kata wakaka maka kami terpaksa menggantinya dengan nama […]

  5. Nunu says:

    Gan untuk file lama nya cuma sql nya aja yang kita import ke web baru untuk data yang lain nya tidak perlu sperti content,thema dan lain lain nya? Soalnya di tutorial di atas ga dibsebutin gan…mohon pencerahan nya saya lagi rencana mau redirect domain soalnya.

  6. […] Migrasi Dari Satu Domain ke Domain Baru Dengan Tetap Menjaga SEO […]

  7. Lewat.biz says:

    itu kalau redirect pakai yang di cpanel itu bisa yaa ??

  8. edo says:

    ini yang saya cari. makasih gan :-bd

  9. Kolong PIKIR says:

    sip nih tutorialnya, meskipun kurang detail dibagian konfigurasi wp-config.php (yg dimaksud konfigurasi di wp-config yg seperti apa ya?)

    rencana mau migrasi domain juga nih
    tq

  10. Terima kasih untuk sharing Migrasi Dari Satu Domain ke Domain Baru Dengan Tetap Menjaga SEO sangat bermanfaat untuk saya yang mau migrasi domain.

  11. Andy says:

    ctrl+D dulu. Mau migrasi ke domain baru soalnya minggu depan.
    Trims infonya :)

  12. senam says:

    mas cara agar bisa buat template blog di pasang di wordpress gimana yah ??
    saya kok coba cari-cari caranya tidak ketemu yah , rencana mau pindahan dari platform blog ke wp

  13. Tato says:

    Kapan domain lama bisa dihapus gan? Setelah semuanya dimigrasi ke domain baru, apa domain lama bisa dihapus? *supaya ga perlu bayar lagi, apalagi kalo domain lama tsb adalah .id (yg harga di tahun keduanya muahal)

  14. joelzr says:

    waduh, saya lagi cari artikel ini, eh pas dibaca-baca kagak ngerti caranya, masih awam banget,,, saya mau redirect www*joelzr*.com ke www*joelzr*us ,, apakah bisa dibantu gan? tolong add facebook saya (pariscell@ymail.com) atau sms saya dulu boleh? (085261020345) jika berhasil saya bayar pulsa tapi 20k aja ya =D.
    soalnya saya keburu beli domin dot US, eh pas saya tanya sama tehnical support eh malah gak bisa dibantu, dengan alasan itu masalah pihak ketiga dan mereka gak bisa setting, solusinya saya disuruh googling, akhirnya ketemu disini. plis gan ya.
    Fb : pariscell@ymail.com
    Email :pariscell@gmail.com ,,, knapa saya kasih email, karena memang sangat butuh gan, saya mohon sama agan…

  15. S Magi says:

    Dari semua tutorial di Google, menurut saya ini yang paling benar. Meskipun tidak di jelaskan gambarnya secara detail, tapi step – stepnya saya rasa paling benar. Kebanyakan pengguna hanya menjelaskan rewrite 301 saja tanpa membahas bagaimana dengan database dan konfigurasi di Google Webmaster Toolsnya.

    Saya agak bingung gan soalnya pakai Nginx, kalau database dan file web sudah di arahkan ke domain baru, itu file web lama di hapus boleh gak ya? kan di dalamnya gak ada htaccessnya dan redirectnya dari Nginxnya, soalnya file webnya besar dan makan space VPS banget.

    Saya bookmark gan :)

  16. Perdianto says:

    gan, koq punya ane gak bisa login ke dashboard ya?

  17. Padahal menurut saya lebih Unik dan Beridentitas Wakaka Design, masalahnya dimana ?

    Justru menurut saya adanya tanda kurang/strip (-) pada Domain adalah masalah :)

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development