Selamat Datang

Istilah Istilah Dalam Internet (bag.2)

Istilah dalam Internet ada banyak sekali, mungkin banyak diantaranya yang tidak anda ketahui. Artikel ini akan membahas beberapa Istilah yang cukup penting untuk diketahui di dalam internet, diantaranya pengertian dari blog, seo, cloud computing, tagging, javascript, social media, dan lainnya.

Tulisan ini adalah lanjutan dari Istilah-Istilah Dalam Internet (bag.1).

www

CMS

Content Management System adalah sebuah aplikasi web yang digunakan untuk membuat dan mengedit konten web. CMS ini biasa terintegrasi dengan website itu sendiri. CMS dibuat untuk memudahkan dalam membuat dan mengedit konten web karena interfacenya yang  user-friendly tanpa harus berhadapan dengan kode HTML.

Bila kita membutuhkan CMS bisa meminta web programmer untuk membuatkannya atau kita bisa menggunakan CMS open source yang telah terbukti handal dan gratis seperti Joomla, WordPress, Drupal dan masih banyak lagi.

Blog

Berasal dari kata web log yang merupakan jurnal atau diari online. Terdiri dari artikel -artikel yang membicarakan suatu subyek seperti teknologi, software, desain, kesehatan, lingkungan, fashion dan sebagainya.

Social Media

Aplikasi berbasis web yang memfasilitasi orang – orang dalam komunitasnya membicarakan suatu ide, topik atau berbagi ide, topik dan konten tertentu seperti foto, video, artikel, link. Sebagai contoh social media yang populer Facebook, Twitter, Instagram, Google+.

Bandwith

Jumlah data yang bisa dibawa dari satu titik ke titik lainnya dalam jangka waktu tertentu atau sering dinamakan data transfe rate. Bandwith diukur berdasarkan bps (bit per second), semakin tinggi nilainya berarti semakin banyak data yang bisa dibawa atau semakin tinggi data transfer ratenya.

www2

Tagging

Istilah tagging sering kita jumpai di blog, dimana pemiliknya memberi nama/label pada konten (artikel/image) dengan tujuan untuk mengelompokkan artikel/image tersebut berdasarkan tagging. Sebagai contoh kita temui di blog tentang desain web pada kolom kiri atau kanan terdapat kumpulan tagging berupa nama tertentu seperti CSS3, HTML, design, layout, responsive web design, dan sebagainya.Bila masing-masing tagging di klik maka akan tampil halaman web dengan artikel-artikel yang mewakili tagging tersebut.

Javascript

Scripting languange yang yang biasa digunakan bersama-sama kode HTML pada halaman web. Fungsi utamanya agar user dan halaman web bisa berinteraksi, yang mana hal ini  tidak bisa dilakukan oleh kode HTML. Beberapa contoh yang bisa dilakukan oleh javascript : mendeteksi browser user, memvalidasi data form, memuat konten baru di halaman web secara dinamis tanpa harus merefresh halaman web.

SEO

Usaha yang dilakukan untuk mendapatkan posisi yang bagus (high rank) pada search engine seperti Google, Yahoo, Bing. SEO melibatkan teknik dan trik yang diaplikasikan pada suatu website diantaranya seperti pemilihan keyword yang tepat, membuat halaman web yang search-engine-friendly,  integrasi ke social media dan masih banyak teknik lainnya.

ISP

Internet Service Provider adalah penyedia jasa koneksi internet bagi setiap individu.perusahaan yang ingin mendapatkan koneksi internet baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan bisnis/perusahaan.

Keyword

Keyword atau kata kunci adalah referensi yang digunakan search engine dalam mencari suatu informasi/data yang ada di internet. Search engine seperti Google, Yahoo, Bing akan mencari kemudian menampilkan informasi/data tersebut di halaman web berdasarkan keyword (kata kunci) yang kita berikan.

Malware

Kependekan dari malicious software, aplikasi jahat yang disebar melalui email, website, file  download yang bertujuan untuk mengganggu operasi komputer secara normal, mencuri informasi penting, mendapatkan akses ke sistem komputer. Yang termasuk dalam malware diantaranya virus, worm, trojan.

Cloud Computing

Layanan aplikasi yang terkoneksi lewat internet. Mengganti model kepemilikan aplikasi yang tadinya dibeli kemudian diinstal di komputer user menjadi sistem berlangganan dimana aplikasi tidak lagi diakses langsung dari komputer tapi dari internet.

Open Source Software

Istilah yang digunakan dalam konteks software komputer., dimana open source software adalah software yang bisa digunakan secara bebas oleh siapa saja (gratis/tanpa lisensi). Disamping siapa saja bisa menggunakannya secara gratis setiap orang pun bisa mengakses source code dari software tersebut, merubah source codenya dan mendistribusikannya secara bebas. Contoh software open source : Linux, Firefox, Chrome, Joomla, WordPress, OpenOffice, Apache, mySQL.





Penulis :

Web designer, graphic designer and illustrator, love digital design. View all posts by iwan setiawan

Comments

One thought on “Istilah Istilah Dalam Internet (bag.2)

  1. […] Lanjutan: Istilah Istilah Dalam Internet Bagian 2 […]

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development