Selamat Datang

Istilah-Istilah Dalam Internet (bag.1)

Bagi mereka yang tertarik dengan dunia web ada baiknya mengetahui terlebih dulu istilah-istilah yang dipakai di dunia internet sebagai pengenalan. Artikel ini saya bagi menjadi dua bagian, bagian 1 dan bagian 2 dan untuk bagian 2 akan menyusul. Di dunia internet ini profesi yang tersedia tidak hanya web desainer dan web programmer saja. Ada banyak peluang pekerjaan lain yang berkaitan dengan website, diantaranya SEO specialist, content creator, information architect, online marketer, blogger. Adapun istilah-istilah tersebut adalah sebagai berikut :

Internet

tree-200795_640

Ilustrasi: Internet

Jaringan (network ) dari seluruh komputer di dunia yang saling terhubung satu sama lain. Kumpulan dari jaringan komputer pribadi, publik, pemerintah, bisnis, di seluruh dunia yang membentuk jaringan besar yang saling terhubung melalui kabel maupun koneksi wireless. Secara sederhana bisa kita bayangkan internet adalah sebuah kota yang terdapat gedung, rumah, komplek perumahan, toko, kantor, stasiun, terminal yang saling terhubung melalui jalan besar maupun jalan kecil. Gedung, rumah, toko, kantor, stasiun dianalogikan sebagai jaringan komputer,  jalan dianalogikan sebagai kabel, serat optik, koneksi wireless.

URL

Kependekan dari Uniform Resource Locator yaitu alamat dari sebuah halaman web atau sebuah website. Sebagai contoh : http://.www.detik.com. Untuk menuju alamat sebuah website atau suatu halaman web kita tinggal mengetik alamat tersebut di address baru sebuah browser.

HTTP

Apa yang kita lihat di layar komputer, notebook, tablet, smartphone saat mengakses sebuah halaman web adalah hasil dari permintaan browser kepada web server. Konten yang kita lihat seperti teks, image, video yang tersaji di layar komputer, notebook, tablet, smartphone dikirim dari web server ke browser. Komunikasi antara browser dan web server ini menggunakan HTTP (HyperText Transfer Protocol).

Browser

Sebagaimana kita menggunakan aplikasi Photoshop untuk edit image, MS Office atau Open Office  utuk membuat/edit dokumen, membuat/edit spreadsheet, membuat presentasi dan lainnya. Browser adalah aplikasi software yang digunakan khusus untuk mengakses halaman web yang terdiri dari kode HTML. Ada beberapa browser yang paling banyak digunakan diantaranya  Chrome, Mozilla, Internet Explorer, Opera, Safari.

IP addrress

Pada prinsipnya setiap komputer atau device yang terhubung ke internet memiliki alamat. Layaknya sistem alamat di dunia nyata, alamat ini sebagai identitas bagi setiap komputer atau device lainnya. Sebagaimana di dunia nyata untuk mengirim barang ke seseorang yang berada di suatu tempat tentu harus memiliki alamat, begitu pula dengan komputer yang terhubung dengan internet.

Anda yang berada di Jakarta berkirim email ke teman anda di negara lain maka baik anda maupun teman anda harus memiliki IP address supaya pesan anda sampai ke komputer teman anda. IP address adalah alamat bagi komputer atau device yang terhubung ke internet.

Domain

Domain name adalah nama yang bisa dipilih untuk menamakan suatu website yang berfungsi untuk mengidentifikasi sebuah website. Nama domain bisa dipilih dengan kombinasi dari huruf, angka, hyphens (-) lalu di ikuti dengan ekstensinya (.com, .net, .org dan seterusnya). Apabila ingin memiliki sebuah nama domain maka yang bersangkutan bisa membelinya.
Contoh :

  • datakekerasan.org
  • detik.com
  • intraktive.com

Web Page

Salah satu halaman dari sebuah website, ditulis menggunakan kode HTML yang berisi informasi atau link. Sebagai perumpamaan website adalah sebuah buku, web page adalah salah satu halaman dari website.

Web Page

HTML

Kependekan dari Hypertext Markup Language, bahasa yang digunakan untuk membuat halaman web. Tag dan attribute HTML membentuk suatu halaman web.

CSS

Kependekan dari Cascading Style Sheets, kode yang digunakan untuk mengatur layout halaman web. CSS digunakan bersama-sama HTML dalam membuat halaman web, dimana CSS berfungsi mengatur semua berkaitan dengan style suatu halaman web sementara HTML berfungsi membangun kerangka halaman web.

Web Hosting

Salah satu kelebihan dari halaman web adalah ketersediaannya untuk diakses 24 jam dari mana saja lokasi pengakses berada selama terkoneksi dengan internet. Perusahaan web hosting memberikan layanan untuk itu, menyediakan software, hardware dan SDM mereka sehingga website bisa diakses selama 24 jam. Pemilik website hanya mengupload file webnya ke server yang ada di perusahaan web hosting.

Server-side

Operasi/kegiatan  yang dilakukan di server dalam konteks hubungan server-client. Sebagai contoh saat mengakses sebuah halaman web di komputer menggunakan browser, browser adalah client yang mengirim permintaan kepada server. Kemudian server merespon permintaan client. Sebelum merespon permintaan client lebih dulu terjadi kegiatan di server, seperti menerjemahkan permintaan client, memproses, memilih data dan sebagainya.

Client-side

Operasi/kegiatan yang dilakukan di client dan tidak melibatkan server. Operasi yang terjadi hanya di browser, tidak ada permintaan data, verifikasi data ke server.  Sebagai contoh sederhana saat user mengarahkan kursor mousenya (roll over ) ke menu sebuah website dan teks menu berubah warna, ketika user mengisi password saat registrasi di sebuah website yang menampilkan pesan bahwa password tidak boleh kurang dari 8 karakter.

Lanjutan: Istilah Istilah Dalam Internet Bagian 2





Penulis :

Web designer, graphic designer and illustrator, love digital design. View all posts by iwan setiawan

Comments

15 thoughts on “Istilah-Istilah Dalam Internet (bag.1)

  1. Ada anekdot baru di kalangan anak-anak mahasiswa TI, HTTP itu artinya “Hidup Tenang Tanpa Pacar”, LOL

  2. […] Istilah dalam Internet ada banyak sekali, mungkin banyak diantaranya yang tidak anda ketahui. Artikel ini akan membahas beberapa Istilah yang cukup penting untuk diketahui di dalam internet, diantaranya pengertian dari blog, seo, cloud computing, tagging, javascript, social media, dan lainnya. Tulisan ini adalah lanjutan dari Istilah-Istilah Dalam Internet (bag.1). […]

  3. Mantap gan ulasannya. Ijin copas gan buat bahan makalah..

  4. Oia gan, saya sering dengar kata XML, itu apa ya gan? mohon penjelasan.

    Terima kasih atas sharenya.

  5. XML untuk transport dan penyimpanan data. HTML untuk display data.

  6. ikut menyimak aja..maklum pemula masih banyak belajar masalah internet..

  7. […] Tulisan ini adalah lanjutan dari Istilah-Istilah Dalam Internet (bag.1). […]

  8. lintang says:

    izin copas ya. buat tugas sekolah. terimakasih

  9. […] Source : http://www.tutorial-webdesign.com/istilah-istilah-dalam-internet-bag-1/ […]

  10. Domain ini biasanya berlangganan untuk bulanan atau tahunan? dan kira2 berapa biayanya?

  11. terima kasih infonya gan, sangat bermanfaat

  12. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Dunia Tekhnik, menurut saya bidang studi teknik merupakan bidang studi yang sangat menarik
    juga banyak hal yang bisa dipelajari di dunia teknik.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis
    mengenai bidang teknik yang bisa anda kunjungi di Lembaga Teknik

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development