Selamat Datang

4 Ide Menulis Blog Saat Suntuk

Ide menulis blog saat suntuk – Hari ini bukan tahun baru, tapi kebanyakan dari kita justru punya banyak keinginan setelah resolusi tahun baru. Apalagi kalo dapat cewek baru, kerjaan baru, atau gaji baru(baru naik) hehe, dan gw rasa semua itu wajar kok.

Salah satu resolusi gw yang baru di tahun 2017 lalu adalah, gw mau bikin blog dan nulis blog setiap harinya! Sebuah keinginan yang gampang diucapin tapi setengah mati susahnya dilakuin.

Ngomongin soal nulis blog, ternyata banyak juga lho yang ngalamin hal kek gini, suntuk, bosen, ga ada ide menulis dan ga tau mesti nulis tentang apalagi.

Tapi setelah lihat statistik dari WordPress.com yang bilang bahwa ada 80.7 juta postingan baru setiap bulan untuk 1 milyar web berbasis WordPress, yang kalo di rata-rata sekitar 24 postingan per menit, rasanya jadi semangat lagi untuk posting lebih sering!

Ide menulis blog nya apa ya? Gw coba kasih 4 ide nge-blog saat suntuk berikut ini:

1. Ide Menulis dengan Topik yang Kamu Tahu

Kalo kalian ngira nulis sesuatu yang lagi jadi trending topic itu bakal naikin jumlah followers dan persepsi orang di Internet, kalian salah bro!

Logikanya adalah, bakal susah bikin tulisan dengan perspektif baru kalo kalian ga paham dengan topik yang mau ditulis. Kecuali kalian nulis cuma copy-paste, atau bikin artikel spin-off, dan ini bukan hal yang bagus untuk dikerjain.

ide menulis blog

ide menulis blog (Image: timedoctor.com/blog)

Intinya adalah, cobalah untuk menulis blog pada hal yang bener-bener kalian tertarik, bukan yang kalian pikir bakal dapetin klik atau share di sosmed.

Kalo kalian pecinta sepakbola, jadi bikinlah tulisan di blog tentang analisa permainan Romelu Lukaku di Manchester United di musim baru nanti atau hal lain di EPL yang bakal dicari-cari infonya sama penggemar. Menulis tentang hal yang kalian suka itu lebih enjoy dan bisa memperbaiki kualitas tulisan dan wawasan, hal kek gini ga bisa kamu dapetin kalo bermodal copy-paste.

2. Cari Inspirasi dari Media Sosial

Menurut sebuah artikel, diketahui bahwa rata-rata orang memiliki 5 akun sosial media, dan ngabisin waktu hampir 2 jam ngeliatin sosial media mereka tiap harinya. Kamu bisa dengan mudah dapet inspirasi baru cukup berbekal media sosial. Cek aja apa yang secara konstan di bicarain atau bahkan debat soal itu, dan jangan lupa cari yang sesuai dengan topik yang kamu tahu.

Mulai aja dengan join di beberapa group Facebook yang sesuai, kamu bakal dapat pengalaman baru bertemu dengan orang-orang yang punya hobi sama dan juga bisa nambah wawasan lho.

Bergabung di group penulis juga bermanfaat banget, apalagi kalo bisa jadi guest writer, skill dan ide menulis kamu bakal bertambah, pastinya artikel kamu bisa dibaca banyak orang dan dapat feedback darisana.

Coba join group Facebook ‘Mad Over Marketing (M.O.M)’. Bakal banyak ide baru dari tips marketing yang ada disana, contohnya ya kayak gambar iklan dibawah ini:

7 Ide Menulis Blog Saat Suntuk namenoble.com web hosting terbaik

Melihat iklan tadi, setidaknya gw kepikiran buat nulis tentang 11 Iklan yang bikin Ketawa, dan setelahnya bisa jadi judul artikel lagi ‘Cara Sebuah Merek Menginspirasi Kita’.

Lihat sendiri khan, sebuah iklan yang di share di group Facebook bisa jadi bahan ide menulis untuk 2 judul tulisan di blog!

3. Follow Media Sosial Orang yang Berpengaruh di Topik Kamu

Mem-follow media sosial orang yang berpengaruh di topik yang kamu suka adalah cara yang bagus untuk dapetin inspirasi dan ide-ide baru lho.

Contohnya, gw follow akun Virgin Group di Linkedin, dan salah satu post mereka disana adalah:

7 Ide Menulis Blog Saat Suntuk namenoble.com web hosting terbaik

 

Kira-kira apa yang ada di pikiran kamu setelah lihat 2 posting tadi? pastinya ga jauh dari kata produktif dan fokus. Salah satu contoh judul untuk produktif dan fokus adalah “Karyawan yang Bahagia lebih Produktif dalam Bekerja” atau “11 Cara Meningkatkan Fokus dan Produktifitas di Kantor’.

4. Lihat Diri Kamu Sendiri

Jujur pada diri sendiri, apa sih yang sebenernya kamu mau? Hal apa sih yang sebenernya mau kamu capai, terkadang hal-hal itu juga terjadi pada orang lain.

Buat saja tulisan dari pengalaman pribadi yang setelah dicari di Internet (google trends) cukup banyak peminatnya, dan jangan lupa, share setelahnya!

Orang dengan kondisi yang sama bakal banyak membaca tulisan kamu, karena sedikit banyak terjadi juga pada mereka.

Pentutup

Blogging atau nge-blog atau nulis di blog tidak semudah kelihatannya. Sebenernya mudah, kalau hanya copy-paste, bukan tulisan sendiri. Tapi, apakah tulisan copy-paste itu banyak dibaca dan di share orang? Gw rasa nggak.

Nah dari pada capek-capek copy paste tulisan yang ngga bakal dibaca, bahkan sama google, lebih baik pakai ide menulis sendiri.

Masalah umum dan klasik adalah gimana mulainya, setelah itu beres, apa kita bisa konsisten nge-blog terus, ga ada bosennya, ga kehabisan ide?

Untungnya sekarang, sudah ada poin-poin diatas tadi yang bisa kita coba praktekin, dan gw yakin kamu juga bisa dan punya ide untuk menulis, dan ga ada alasan lagi kehabisan ide.





Penulis :

Muhammad Fahrizal Rahman. Di usia 5 tahun pengen jadi astronot, di usia 15 tahun pengen jadi computer scientist, dan akhirnya di usia 21 tahun sampai dengan sekarang menjadi blogger! Kerjaan kantoran adalah Lead DevOps di Reebonz Pte. Ltd. Sekarang merintis web hosting provider, Namenoble.com biar semakin banyak orang nulis dan saling berbagi lewat blog. View all posts by riesal

Comments

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development