Selamat Datang

8 Fakta Web Desain Yang Menakjubkan

Fakta desain web yang menakjubkan  Jika Anda termasuk orang yang mudah terpesona maupun mudah kesal dengan tampilan website. Maka Anda perlu mengetahui bagaimana seluk-beluk proses pembuatan desain web. Menjadi seorang pengunjung memang sepele, tinggal buka web sana sini, namun hanya sedikit orang yang paham kegiatan dibalik pembuatan website yang dikunjungi tersebut.

Anda harus paham bagaimana web browser berbeda dalam menampilkan website, pengalaman pengunjung ataupun kebiasaan pengunjung terhadap suatu website sangat tergantung pada faktor dasar seperti waktu loading website tersebut, variasi browser, umur kode dan konten website. Berikut ini adalah beberapa aspek yang cukup menakjubkan dan menarik dari desain web yang perlu Anda ketahui.

1. Website diproses berbeda pada setiap web browser.

rip ie

Foto via blog.thepitagroup.com

Ketika Anda melihat tampilan website dengan menggunakan Google Chrome dari komputer rumah Anda mungkin Anda akan melihat tampilan yang sama dengan di Safari pada iPhone. Namun belum tentu sama ketika dilihat dengan Internet Explorer ataupun Opera, karena setiap browser biasanya menerjemahkan kode untuk tampilan website secara berbeda. Pada beberapa browser ada fitur atau teknologi baru yang sudah di adopsi, sedangkan browser lain terkadang belum mampu mengadopsi fitur tersebut, alhasil tampilan jadi berbeda. Perbedaan cara browser melakukan rendering ini menjadi neraka tersendiri untuk para developer yang selalu ingin memberikan pengamana yang baik kepada pengunjungnya. Desainer web profesional biasanya ahli dalam menangani masalah ini karena mereka terbiasa dengan kode HTML dan CSS standar.

2. Desain menentukan pada bagian mana user akan fokus di website Anda.

Internet telah mengubah cara kita membaca dan menelusuri konten. Menurut laporan dari Nielson Norman Group, “Bagaimana Pengguna Membaca di Web” bahwa situs yang sukses dengan tata letak yang jelas dan scannable memiliki peningkatan kegunaan sempai 47%. Jika pengunjung tidak dapat menemukan informasi secara cepat dari website Anda, maka mereka cenderung untuk meninggalkan website Anda dan mengunjungi situs lain sebagai gantinya.

fakta web desain

Fakta Web Desain (Foto: picjumbo.com)

Web desainer berusaha untuk membuat tampilan situs yang memungkinkan pengunjung untuk langsung fokus pada informasi penting yang ingin disampaikan (target), seperti misalnya sebuah toko online, blog perusahan, sebuah sejarah organisasi, atau konten lain yang penting untuk mereka dan untuk Anda sebagai pengunjung. Web profesional juga dapat menggunakan heat maps dan alat untuk menganalisis guna melihat tombol atau link yang populer yang sering di klik sehingga mereka dapat terus meningkatkan pengalaman pengguna dengan melakuakan update berkala.

3. Umur website: 2 tahun sudah dianggap tua

Desainer web terus bekerja keras untuk bisa bersaing dengan cepat seiring dengan kemajuan teknologi. Ketika browser web dan perangkat yang digunakan untuk mengakses website terus berubah, maka cara bagaimana website tersebut dirancang dan dikembangkan juga harus turut berubah. Untuk bisa tetap update dengan teknologi kekinian, profesional digital harus tetap berada di standar koding terbaru, update kompatibilitas antar browser dan mengikuti perubahan algoritma mesin pencari.

Tampilan Lama Detik

Tampilan Lama Detik (Foto:dunia-remaja-sehat.blogspot.com)

Sebuah situs yang sudah usang beresiko tidak bisa tampil maksimal pada browser web, mengalami masalah format yang tidak terduga, atau tidak muncul secara maksimal di mesin pencari. Untuk hal ini mungkin situs yang berumur dua tahun bisa jadi sudah kuno dan sudah tidak sejalan dengan perubahan saat ini. Hm…capek mengikuti teknologi.

4. Template membatasi apa yang bisa Anda lakukan dengan website Anda.

template bootstrap milleur

Banyak orang sekarang beralih ke website dengan sistem template sebagai “jalan keluar yang mudah”. Paket awal template biasanya memungkinkan orang untuk membuat website dengan sedikit atau tanpa pengetahuan koding. Namun sayangnya, perusahaan bisa kehilangan kredibilitas dengan mengandalkan terlalu banyak pada template, yang biasanya meliputi kode yang terlalu banyak yang sebenarnya juga tidak diperlukan oleh website tersebut, bahkan biasanya template premium terlalu banyak memberikan elemen yang tidak diperlukan. Beberapa template memang ada yang fleksibel dalam apa yang akan digunakan dan apa yang tidak, namun sebagian lain tidak bisa seperti itu. Akan lebih baik jika website Anda dibuat dengan khusus dan menggunakan perancangan khusus serta dengan konsep yang juga dirancang khusus agar lebih sesuai dengan kebutuhan website.

– Baca juga: Contoh Penerapan UX Yang Cerdas Dalam Sebuah Website Peralatan Olahraga

5. Kode website Anda membantu untuk menarik perhatian mesin pencari

keywords

 

Anda mungkin bisa memiliki situs yang memiliki tampilan visual yang paling menakjubkan didunia, akan tetapi hal tersebut bukan apa-apa jika tidak ada orang yang melihatnya. Profesional web biasanya memastikan bahwa cara pembuatan kode website agar bisa menarik perhatian mesin pencari dan membantu calon pengunjung agar bisa menemukan website Anda ketika mereka mengetikan kata kunci tertentu ke Google atau mesin pencari lainnya. Kode yang terlulis di website juga mempengaruhi bagaimana tampilan website Anda di mesin pencari, seperti bagaimana judul tertulis, URL muncul dan potongan keterangan singkat tentang halaman bisa menjelaskan isi halaman. Mesin pencari bisa menjadi sumber lalu lintas yang sangat besar bagi sebuah website. Website yang kode nya dioptimasi dengan baik akan tampil dengan maksimal di mesin pencari.

6. Gambar dan Video bisa memberikan efek positif dan negatif bagi website

Konten multimedia seperti gambar dan video bisa menjadi sangat hal yang penting untuk website namun jika tidak digunakan secara proporsional bisa menghancurkan performa website itu sendiri. Gambar yang besar dan file video tentu bisa memperlambat waktu muat website. Ketika pengunjung menunggu terlalu lama untuk membuka sebuah halaman, maka resikonya adalah mereka tidak sabar menunggu dan meninggalkan website Anda. Untuk memastikan bahwa setiap konten multimedia yang digunakan pada website bisa dengan mudah diakses oleh pengunjung maka web desainer perlu untuk mengoptimalkan file-file tersebut, seperti misalnya di kompres agar ukurannya kecil.

best-sport-site

Profesional web biasanya akan menghindari format file multimedia yang usang seperti Flash yang saat ini tidak didukung banyak oleh platform mobile. Sebaliknya mereka mendukung standar yang ada saat ini seperti video HTML5, sehingga orang dapat mengakses media Anda secara luas dari perangkat apapun yang sedang banyak digunakan saat ini.

7. Sebuah desain web yang baik kisaran harganya antara 5jt – 50jt

orangina

Sebuah infografis tentang harga yang dibuat oleh incion mengungkapkan bahwa desain website yang baik biasanya dihargai sekitar US$500 s/d US$5000 atau 5 s/d 50 juta rupiah. Jika anda merasa terkejut dengan kisaran harga ini maka coba pikirkan berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk membuat desain web tersebut, berapa banyak biaya yang dikeluarkan oleh sang desainer untuk menuntut ilmu sehingga dia bisa membuat desain web canggih dalam waktu cepat. Perhatikan juga bagaimana desainer mengoptimalkan kode website agar bisa optimal di mesin pencari, agar akses website bisa cepat. Desainer profesional juga biasanya menggunakan berbagai software yang mereka beli, komputer canggih yang digunakan dengan harga yang tentu juga tidak murah, semua harus jadi pertimbangan sebelum Anda memutuskan harga tersebut mahal atau murah.

8. Desain web responsive berbeda dengan desain web mobile.

Banyak orang tidak bisa membedakan antara desain web responsif dan desain web mobile. Mereka hanya sekedar menikmati sebuah website secara ajaib bisa tampil lebar di desktop lalu bisa menyusut ketika dibuka dengan perangkat yang lebih kecil. Responsive dan mobile desain sangat berbada.

Responsive Web

Responsive Web | Tutorial-webdesign.com

Desain web mobile membatasi, biasanya website yang mengadopsi trik desain web mobile ini memerlukan dua web yaitu versi desktop dan versi mobile.

– Baca juga: 3 Langkah Dasar Membuat Desain Web Responsive

Desain responsive lebih fleksibel, hanya menggunakan satu desain dan kode yang sama namun website bisa dibuka di berbagai ukuran dan jenis perangkat. Hal ini tentu lebih memberikan pengalaman yang baik kepada pengunjung. Desain web responsif akan menggunakan resource yang sama namun dengan teknik tertentu bisa membuat gambar, tipografi dan pilihan navigasi tampil maksimal dan sama-sama bagusnya baik di desktop dan mobile.





Penulis :

Website yang berisi Tutorial, Tips, Trik, Inspirasi, Opini, Cerita, Studi kasus, dan berbagai hal menarik tentang Web Design, Web Development dan Graphic Design untuk orang-orang kreatif di Indonesia. View all posts by TWD Editorial

Comments

6 thoughts on “8 Fakta Web Desain Yang Menakjubkan

  1. wow,,wow,,wow,,,,,big a plouse (tepuk tangan maksudte)….thank for sharing, that is helping me,,,

  2. keren :) jadi nambah pengetahuan, nunggu update artikel terbarunya lagi :)

  3. Muhammad Angga M says:

    Sangat bermanfaat. Membuka wawasan. Thanks.

  4. motivasi utk selalu terus mengasah ilmu web desain :)

  5. umam says:

    Gua suka poin ke 4.
    Ngebatasin apa yang bisa visitor lakukan tu kaya “I’ll show you the way”.
    Kaya memberikan fokus buat visitor.
    Poin yang sangat berhubungan ama UI & UX. Ini yang bener2 harus dikuasain web designer.

  6. Surdita Dana says:

    mantap gan, artikelnya menarik,
    pengetahuan baru nih :)

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development