Selamat Datang

Beberapa Elemen Penting Dalam Desain Web Responsive

Elemen Penting Dalam Desain Web Responsive — Merangcang website yang responsive saat ini sudah berubah dari yang sebelumnya hanya sebuah tren menjadi sesuatu keharusan yang mesti dipelajari dan diterapkan oleh seorang web designer pada website yang sedang dibangun. Perlu diketahui bahwa website responsive adalah model website yang bisa menyesuaikan tampilan sesuai dengan ukuran browser dan jenis perangkat untuk membuka nya, baik itu komputer desktop, komputer tablet dan ponsel atau smartphone.

Baca juga artikel tentang Pengenalan pesponsive web design.

Responsive web design memiliki beberapa elemen penting yang harus anda pahami, berikut beberapa diantaranya.

1. Navigation: Salah satu elemen yang paling penting dalam sebuah website termasuk yang bergaya responsive yaitu navigasi, dalam website responsive anda benar-benar harus memperhatikan dan membuat navigasi ini dengan serius, anda bisa menempatkan navigasi ini dibagian atas website, atau bagian lain yang paling mudah ditemukan oleh pengunjung, tidak perlu terlalu besar, namun mudah di akses.

Contoh Navigasi web Food Sense

Contoh Navigasi web Food Sense

2. Action Button: Setiap pelaku bisnis pasti ingin memiliki website yang bisa meningkatkan penjualan dan pendapatannya. Jadi tombol “call-to-action” menjadi bagian yang sangat penting dari setiap website. Jadi tempatkan tombol tersebut di posisi strategis di website anda, agar tercapai conversion(konversi) pada seseorang yang awalnya hanya pengunjung menjadi pembeli.

contoh tombol call to action

contoh tombol call to action

3. Branding Elemen: Sebuah website yang baik adalah website yang memiliki merek brand. Elemen untuk melakukan branding ini menjadi sangat penting dari sebuah website dan harus terlihat secara menarik di semua jenis perangkat. Elemen branding ini diantaranya adalah Nama website, tagline, termasuk juga pewarnaan website.

4. Padding: Mengelola padding dan whitespace adalah sesuatu yang sangat penting dari pembuatan website responsive. Jadi ketika pengunjung melihat website pada layar yang kecil, konten tidak boleh terlihat berantakan.

5. Section/Columns: Konten adalah inti dari sebuah website, apalah artinya sebuah website tanpa konten yang menarik dan berguna. konten kadang dibuat dalam beberapa bagian atau beberapa kolom dalam sebuah website, jadi menampilkan semua sektor tersebut dengan cara yang tepat bersamaan dengan memelihara readability (keterbacaan) dari konten tersebut adalah sebuah keharusan. Website akan terlihat lebih ramping dan tidak berantakan jika dilihat dari berbagai jenis perangkat.

Contoh web responsive Boston Globe

Contoh web responsive: Boston Globe

Baca juga artikel tentang Manfaat dan Kegunaan Responsive Web Design dan Tutorial Cara Membuat Desain Web Responsive

Responsive web adalah semua hal tentang penciptaan user experience (pengalaman pengunjung) di semua browser dan semua perangkat, jadi sangat penting untuk memperhatikan beberapa elemen tersebut agar website anda tidak kehilangan jati diri saat dibuka dengan perangkat yang berbeda.

Semoga artikel tentang elemen web responsive ini berguna untuk kita semua, salam web design indonesia.





Penulis :

Website yang berisi Tutorial, Tips, Trik, Inspirasi, Opini, Cerita, Studi kasus, dan berbagai hal menarik tentang Web Design, Web Development dan Graphic Design untuk orang-orang kreatif di Indonesia. View all posts by TWD Editorial

Comments

10 thoughts on “Beberapa Elemen Penting Dalam Desain Web Responsive

  1. Sang Pemimpi says:

    wah ini nih yang saya cari selama ini.
    tampilan web saya kalau di hp acak-acakan.
    makasih admin udah share tulisan yag bermanfaat

  2. […] – Baca juga: Beberapa Elemen Penting Dalam Desain Web Responsive […]

  3. terima kasih infonya gan

  4. […] – Baca juga: Beberapa Elemen Penting Dalam Desain Web Responsive […]

  5. […] – Baca juga: Beberapa Elemen Penting Dalam Desain Web Responsive […]

  6. […] harus juga di ikuti oleh desainer dalam menciptakan halaman web. Jadi penting untuk menempatkan elemen penting seperti logo dan ajakan untuk melakukan tindakan (seperti menekan tombol buy atau register). […]

  7. Dapat info baru dari agan. Trims gan..

  8. Makasih banyak infonya gan… Sanat membantu dan menginspirasi.. Mudah-mudahan bisa segera saya implementasikan..

  9. Suci Inda says:

    mas ada tutor lengkap bikin aplikasi untuk android terus langsung ada di google playstore ?

  10. Info yang menarik. terima kasih gan :)

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development