Selamat Datang

Desain Baru Okezone.com Yang Responsive dan Adaptive

Mengulas Desain Baru Okezone.com Yang Responsive dan Adaptive – Jarang sekali kita melihat kabar mengejutkan tentang perubahan tampilan pada website besar di Indonesia, beberapa bulan lalu yang cukup menarik perhatian adalah redesign website kaskus. Namun hari ini ada sebuah redesign yang menarik perhatian tutorial-webdesign.com yaitu perubahan tampilan website okezone.com yang boleh dibilang sangat bagus. Dan cukup berbeda dibanding website berita ternama lain di Indonesia yang masih menggunakan layout yang fixed.

redesign website okezone

Seperti kita ketahui okezone adalah sebuah website berita terkenal dan ternama di Indonesia, barang tentu memiliki data yang sangat besar karena update berita mereka yang bisa dibilang hampir setiap detik. Namun keberanian pimpinan mereka untuk membuat website okezone menjadi responsive atau adaptif sungguh menarik. Pimpinan mereka yang sebelumnya memimpin Yahoo! Indonesia yaitu Roy Simangunsong memiliki pandangan tersendiri terkait desain website okezone, menurutnya di versi Okezone yang baru ini Roy berniat untuk memfokuskan layanannya pada user dan bukan semata-mata untuk pengiklan saja. “Konten, teknologi dan sales menjadi tiga pilar utama dari Okezone yang baru”, kata Roy seperti TWD kutip dari dailysocial.

Roy berkata bahwa desain terbaru ini bukan tanpa alasan, “semua komponen di desain yang baru ini adalah berdasarkan feedback dari pengunjung Okezone selama 4 bulan belakangan ini”. Selama beberapa bulan ini Okezone memang benar-benar mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai bagaimana pengunjung mengkonsumsi konten di Okezone, dan menggunakan informasi tersebut sebagai acuan untuk desain yang baru. Wah ternyata feedback yang didengarkan dengan baik bisa menghasilkan perubahan yang sangat baik ya :)

Responsive Design.

Desain responsive memang menjadi solusi tersendiri di era perkembangan tablet dan smartphone yang sangat pesat, okezone memandang ini cukup serius, mereka menerapkan hal tersebut pada desain baru okezone.com,Website Okezone yang baru ini didesain secara maksimal untuk perangkat tablet yang menurut Roy merupakan salah satu perangkat yang memang paling nyaman digunakan untuk browsing. Namun Roy juga menambahkan bahwa situs Okezone yang baru juga mendukung smartphone dan juga situs desktop, dan untuk memberikan pengalaman yang sama menariknya untuk ukuran layar yang berbeda-beda merupakan tantangan tersendiri.

Roy ingin membawa Okezone menjadi situs berita yang Vibrant and Young, vibrant yang berarti terus terbarukan dan mengikuti tren teknologi yang ada, namun juga bersemangat layaknya anak muda. “Kami sengaja membuat konsep Vibrant and Young, bukan sebaliknya. Kami mungkin bukan orang-orang muda (secara umur) namun kami tetap bersemangat untuk membawa dan menerapkan teknologi-teknologi baru yang bisa menambah value untuk Okezone,” kata Roy.

Fixed Menu.

Kalau kita lihat website okezone juga menggunakan fixed menu untuk memudahkan pengunjung yang ingin memilih kategori berita lain nya saat ketika kita scroll.

Baca Juga: Membuat Fixed Menu Ketika Scroll Dengan CSS3, Jquery & HTML5

Layout responsive okezone yang baru ini dibuat dengan menggunakan twitter bootstrap.

Single Sign-On

Selain desain baru, Okezone juga meluncurkan Single-Sign On (SSO) miliknya sendiri yang dinamakan OkezoneID. Nantinya OkezoneID ini akan diimplementasikan ke berbagai properti online yang bernaung di bawah grup media MNC, meskipun Roy mengakui bahwa saat ini OkezoneID baru bisa digunakan untuk meninggalkan komentar dan berlangganan satu kanal berita. Dengan maraknya SSO yang sudah ada seperti Facebook, Twitter login dan lain-lain, namun Roy mengaku ingin memberikan pengalaman yang terintegrasi, dan hal itu sulit dilakukan kalau tidak menggunakan platform sendiri.

Ambisi Menjadi 3 Besar Website Berita di Indonesia

Dengan peluncuran desain dan konsep baru ini, Roy dan tim Okezone memiliki ambisi yang cukup tinggi. “Kami ingin masuk ke top 3 situs berita lokal pada akhir tahun 2016″ paparnya. Menurut ranking Alexa, saat ini top 3 situs berita lokal masih diduduki oleh Detik (#9), Kompas (#10) dan Liputan6 (#13), sedangkan Okezone berada di urutan 35, diatas Kapanlagi (#36). Target tersebut bukan tidak mungkin dicapai, apalagi dengan kekuatan konglomerat MNC di belakang Okezone.

Untuk anda yang penasaran langsung saja kita nikmati desain web responsive ala okezone.com

Semoga menginspirasi website berita besar di Indonesia lain nya untuk membuat desain website mereka lebih clean, lebih modern dan tentunya responsive ya :)

Salam web design & development indonesia..





Penulis :

Website yang berisi Tutorial, Tips, Trik, Inspirasi, Opini, Cerita, Studi kasus, dan berbagai hal menarik tentang Web Design, Web Development dan Graphic Design untuk orang-orang kreatif di Indonesia. View all posts by TWD Editorial

Comments

8 thoughts on “Desain Baru Okezone.com Yang Responsive dan Adaptive

  1. rifie says:

    Hello, terima kasih atas ulasan redesign okezone.com yang baru. Saya sudah meforward blog anda ke tim desain Okezone :)
    Memang dari awal kita membuat percobaan selama kurang lebih 4 bulan untuk mengetahui habit pembaca okezone dengan memakai clicktail.

    warm regards,
    rifie.

  2. Kalau boleh tau….website sekelas okezone.com itu pakai platform apa ya gan ? Wp…Jomla Atau ???? mohon pencerhannya.

  3. Wow. makin keren nih.. dan yang terpenting makin membuat nyaman pengunjung :D

  4. pasti itu yang desain ahli sekali ya mas, duh jadi ingin seperti mereka nih :D

  5. Gege Riyadi says:

    Suka sekali dengan tampilan baru web okezone. Fokus kontennya enak dibaca, pilihan font nya ok, font-size nya nyaman tidak kecil dan tidak terlalu besar, warna fontnya gak ngerusak mata.

    Good Job buat tim desain Okezone!

  6. […] Desain Baru Okezone.com Yang Responsive dan Adaptive […]

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development