Selamat Datang

Cara Mudah Mengetahui Jenis Font Pada Sebuah Website

Sering kali kita penasaran dengan font yang digunakan oleh sebuah website, ketika kita membuka website dan melihat sebuah tipografi yang menarik biasanya kita ingin mengetahui nama font yang digunakan website tersebut.

Untuk mengetahui font yang digunakan pada suatu website kita biasanya melihat source code (view source) halaman website tersebut, lalu melakukan pengecekan pada meta tag, atau dengan membongkar isi file css di website tersebut dan mencari pada properti font-family. Cara lainnya biasanya dengan menggunakan firebug.

Namun semua cara tersebut kurang efektif dan cenderung memakan waktu, ada cara yang lebih mudah dan lebih cepat untuk mengetahui font yang digunakan pada website yang sedang kita buka, yaitu dengan menggunakan Fontface Ninja. Dengan fontface ninja kita cukup mengerahkan cursor pada tulisan yang ingin kita ketahui, maka seketika akan muncul nama font dan ukuran fontnya.

Font Face

 

Mengintall Fontface Ninja

Fontface ninja adalah sebuah extension chrome dan safari (belum tersedia untuk firefox), untuk menginstall nya kita harus menggunakan browser google chrome, lalu buka link berikut Fontface Ninja Extension.

  1. Klik tombol Free berwarna biru
    install fontface ninja
  2. Akan muncul popup, lalu klik tombol Add
    install fontface ninja 2
  3. Muncul notifikasi bahwa Extension telah selesai terinstall
    install fontface ninja 3
  4. Untuk menguji nya kita tinggal membuka sebuah website (pada contoh ini membuka tutorial-webdesign.com), lalu klik icon ninja yang ada di kanan atas, lalu arahkan cursor pada tulisan yang ada di halaman website.
    mengaktifkan fontface ninja dan testing
    Dari situ kita bisa lihat bahwa yang font yang digunakan pada judul website Tutorial Web Design adalah KoolBean Regular
  5. Kita bisa mendownload font yang digunakan tersebut dengan cara melakukan klik pada tulisan yang kita sorot, lalu menuliskan contoh tulisan, mengatur ukuran font, dan menekan tombol download.
    Mendownload Font

Membedakan Fontface dan Font pada gambar.

Pada halaman website terdiri dari teks dan image, kadang didalam sebuah image terdapat tulisan(teks), kita tidak bisa mengetahui jenis font pada teks yang ada pada sebuah image dengan fontface ninja, untuk menghilangkan gambar yang ada di sebuah website dan agar kita fokus pada teks saja maka kita bisa menekan tombol MASK yang ada di kanan atas saat extension Fontface Ninja sedang aktif.

tampilan tutorial web design tanpa gambar

Sekian trik singkat untuk mengetahui font yang digunakan oleh suatu website, semoga bisa membantu anda.

*Tulisan ini tidak ditunjukan untuk mengajarkan cara mencuri font orang lain, namun hanya sebagai pembelajaran untuk anda yang penasaran ingin mengetahui nama font, jika font tersebut berbayar maka sebaiknya anda membelinya.





Penulis :

Website yang berisi Tutorial, Tips, Trik, Inspirasi, Opini, Cerita, Studi kasus, dan berbagai hal menarik tentang Web Design, Web Development dan Graphic Design untuk orang-orang kreatif di Indonesia. View all posts by TWD Editorial

Comments

10 thoughts on “Cara Mudah Mengetahui Jenis Font Pada Sebuah Website

  1. iskael says:

    mukegile … keren banget
    saya baru tahu cara ini, tapi kalo di Firefox pake apa yah?
    apa ada juga buat Firefox?

  2. NMN says:

    dauuuuuuuuuuuuuuuuus

  3. Nah sip banget, keren nih work gan :D

  4. […] – Baca juga: Cara Mudah Mengetahui Jenis Font Pada Sebuah Website […]

  5. Dewa says:

    Nice, Sangat Bermanfaat Gan, Mau tes dulu

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development