Selamat Datang

Cara Mudah Memahami Warna Web dari Kode RGB

Jika anda pernah mencoba untuk mengubah warna latar atau warna tulisan dari profil sosial media, tampilan blogger, atau mungkin anda seorang yang biasa bergelut dengan dunia desain khusus nya web desain, anda pasti sering menemukan kode warna Heksadesimal. Ini adalah string dari 6 karakter – seperti “0066FF“, yang kita tahu itu adalah kode warna, tapi jarang dari kita yang berupaya untuk memahami kode tersebut.

Pada tulisan kali ini Tutorial-WebDesign.com akan membahasnya sedikit agar kita lebih memahami kode RGB ini.

rgb

Image by Kniveshot

Berikut ini adalah panduan sederhana untuk membantu anda mengenali warna website lebih cepat dari kode RGB mereka. Tidak ada lagi menebak-nebak atau berkonsultasi dengan palet warna.

Artikel Terkait:

warna rgb

Penulisan kode RGB biasanya seperti ini #RRGGBB (RedRed GreenGreen BlueBlue), 2 digit pertama menunjukan merah, dua digit berikutnya untuk warna hijau, dan dua digit terakhir warna biru.

Setiap angka menunjukan kekuatan warna tertentu – FF0000 hanya merah (tidak ada hijau, tidak ada biru, karena empat digit terakhir tertulis angka 0), 00FF00 berarti hanya hijau (tidak ada merah, tidak ada biru). Jika semua semua hadir dalam kekuatan yang sama seperti FFFFFF, anda akan mendapatkan Putih, jika tidak ada warna yang dihadirkan, atau semua 000000, anda akan mendapatkan warna hitam pekat.

dasar-heksadesimal

Perlu di ingat bahwa angka heksadesimal ialah sistem bilangan basis 16 yang terdiri dari 0123456789ABCDEF, dalam warna 0 berarti hitam, menuju F berarti putih.

Jika anda ingin gelap (darken), anda perlu memindahkan warna menuju hitam atau 000000. Itu berarti 880000 lebih gelap dibanding BB0000 yang lebih gelap dibanding FF0000.

heksadesimal-lebih-gelap

Demikian pula, jika anda ingin warna lebih terang “lighten”, harus bergerak menuju putih atau FFFFFFF. Jadi FF8888 lebih terang dibanding FF4444 yang lebih terang dibanding FF0000.

heksadesimal-lebih-terang

 

Kombinasi warna ditentukan oleh yang warna “terkuat”. Jadi BB8844 adalah warna kemerahan, 33CC00 akan sedikit hijau, dan 777777 adalah abu-abu (karena tidak memiliki warna terkuat)

heksadesimal-perpaduan

 

Demikian juga misalnya dengan kode warna RGB untuk warna birunya facebook #3B5998 yang didominasi warna biru.

Jika anda tidak terbiasa dengan aritmatika Heksadesimal, Anda bisa menggunakan kalkulator standar Windows dalam mode ilmiah (scientitic) untuk melakukan perhitungan tersebut. Angka heksa desimal menggunakan 16 simbol yang unik (0-F) yang bertentangan dengan sistem penomoran desimal 10 (0-9), dan tambahan penggunaan 6 karakter dalam huruf latin A-F.

heksadesimal-basis16

Sekian.
Semoga bisa membantu anda memahami bagaimana membaca kode RGB dari warna website anda, sampai jumpa di artikel berikutnya dari Tutorial-Webdesign.com, salam web design & development Indonesia.





Penulis :

Website yang berisi Tutorial, Tips, Trik, Inspirasi, Opini, Cerita, Studi kasus, dan berbagai hal menarik tentang Web Design, Web Development dan Graphic Design untuk orang-orang kreatif di Indonesia. View all posts by TWD Editorial

Comments

11 thoughts on “Cara Mudah Memahami Warna Web dari Kode RGB

  1. Jadi kira-kira ada sekitar 1008 jenis warna dalam kode warna heksadesimal

  2. Terima kasih share-nya gan..
    Menambah wawasan..

  3. Narachin says:

    tetap pusing ngapalin ….. lebih suka pakai palet warna, langsung tampak warna yang dipilih. SIIIIP infonya. Thank.

  4. entah kenapa saya masih lebih baik dalam mempelajari binary code untuk membagi jaringan dari pada kode warna dari hexa decimal

    offer all nice info min

  5. Irfan P says:

    Saya baru paham tentang kode-kode warna RGB ini… Ternyata ada teorinya… terima kasih admin… Biasanya saya dalam mendesain sesuatu tinggal klak klik untuk pilih warna hehehe…

  6. Andi says:

    Ada yg kurang faham nih :D
    kalo kombinasi dari 2 angka yang menunjukkan warna yg sama (misal) RR – 3B itu pnjelasan nya gimana Min ?

  7. Mayang says:

    Tips nya bermanfaat, makasih ya :)

  8. Baru ngerti, makasih artikelnya :)

  9. Codenol says:

    kalau saya pribadi masih kebiasaan pakek color picker mas :-D
    masih belum bisa menerka-nerka kode Hexanya ..ahah

  10. Havil says:

    Thanks artikelnya. Sangat bermanfaat :D

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development