Selamat Datang

7 Alat Untuk Membuat Skema Warna | Palet Warna

Alat untuk membuat skema warna | membuat palet warna — Skema warna pada pembuatan desain website sangatlah penting, skema warna akan memudahkan desainer untuk membuat komposisi warna pada desain website menjadi teratur, terarah. Tujuan nya adalah agar pada saat proses pembuatan si desainer tidak sembarangan lagi dalam mencomot warna, karena komposisi warnanya sudah ditentukan diawal.

Menentukan komposisi warna yang selaras atau harmonis itu tidak mudah, ada banyak jenis warna, dan setiap warna memiliki fungsi dan kecenderungan kegunaan masing-masing.

Baca juga:

Berikut ini tutorial-webdesign.com akan memberikan rekomendasi beberapa tools yang bisa digunakan untuk membuat skema warna untuk website yang sedang anda desain.

1. Adobe Color CC

Adobe Kuler (sekarang Adobe Color CC) adalah layanan yang sangat mumpuni yang memungkinkan Anda menjelajahi ribuan warna palet. Anda memerlukan akun Adobe untuk login dan menciptakan palet Anda. Jika Anda memiliki Adobe CC plan, Anda akan menemukan bahwa ini dapat di integrasikan dengan softaware adobe yang anda miliki seperti Photoshop atau Illustrator, bisa dilihat dibagian sidebarnya. Jika Anda menyukai palet yang Anda lihat di situs adobe color cc, Anda hanya perlu klik “favorit” dan Anda akan memiliki palet ini dalam tema warna Anda. Cukup berguna, kami sangat merekomendasikan ini untuk setiap proyek desain yang anda buat :)

adobe-color-fine-tune

2. Palettab

Sebuah ekstensi yang bagus untuk Google Chrome yang menghasilkan palet baru (dengan pilihan font juga!) setiap kali Anda mengklik untuk membuka tab baru.

palletab

3. Paletton

Alat ini membantu Anda untuk mencari komposisi warna yang baik berdasarkan complements, monochromatic, adjacent, triad, tetrad & freestyle colours.

paletton

4. Colourlovers

Alat pencari warna lain cukup bagus dan banyak orang sering menggunakan ini :) Colourlovers sangat terkenal di web, karena itu adalah salah satu alat palet pertama yang memberikan kita kesempatan untuk “menyukai” salah satu dari komposisi warna yang tersedia di websitenya.

colourlovers

5. Design Seeds

Tidak hanya alat palet warna: Design Seeds menawarkan palet dari satu set fotografi. Sangat inspiratif.

Design-Seeds

6. Flat UI Colors

Anda tau bahwa saat ini Desain Flat (atau desain yang datar) sangat nge-trend, unik nya adalah warna yang digunakan untuk membuat desain yang flat itu tidak terlalu banyak, seperti apa saja warna yang digunakan? anda bisa melihat di website ini.

flatui

7. Inspirational colour palettes

Dan yang terakhir adalah kita bisa menjadikan website pinterest sebagai alat untuk menemukan komposi warna yang menarik untuk website kita, karena di website ini tersedia hampir 4000 palet warna yang bisa anda pilih.

Inspirational-Color

Itulah beberapa tools yang bisa anda gunakan untuk menemukan komposisi warna yang baik untuk desain website yang akan atau sedang anda buat. Semoga tulisan ini bisa berguna, salam web design indonesia.





Comments

2 thoughts on “7 Alat Untuk Membuat Skema Warna | Palet Warna

  1. thanks gan,,,netutin warna design website emang menurut saya susah. tp kl ada tools macem tu,,,jd punya banyak referensi.

  2. […] yang kompleks. Usahakan untuk selalu membuat sederhana hal ini dengan hanya memasukan dua atau tiga warna dalam website. Namun perlu diingat juga bahwa warna harus menggambarkan brand klien nya. Warna juga harus […]

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development