Selamat Datang

5 Tips Mudah Meningkatkan Desain Blog dan Website

Kita tau kalau dalam sebuah desain blog / website itu sering kali merasa kurang baik, atau sering kali ada beberapa bagian yang harus dirubah untuk meningkatkan efektifitas nya. Sering kali kita dibuat geregetan karena ada saja bagian yang kurang oke.

Untuk meningkatkan kemampuan blog / website tersebut tidaklah harus melakukan redesign secara keseluruhan jika kita merasa penempatan dan hal-hal lain di website yang saat ini ada sudah cukup baik. Kita hanya perlu “Meningkatkan Sedikit saya bagian yang kurang tersebut”.

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin perlu untuk dimaksimalkan.

1. Memperbesar Judul

Judul merupakan hal yang penting dalam sebuah tulisan/topik di sebuah blog, judul sering kali merupakan hal yang dicari di google atau search engine lain. Judul juga menjadi hal yang akan diingat oleh pengunjung blog anda. Dengan memaksimalkan ukuran judul tulisan, bisa berguna untuk meningkatkan performa desain web/blog anda.

perhatikan gambar berikut, mana yang lebih OK?

Heading

Sebelah kiri lebih jelas dari pada
sebelah kanan

2. Meningkatkan Kontras

Ini sering kali merupakan hal yang sering dilupakan oleh para designer, dimana warna tulisan tidak jelas karena warna teks yang tidak jauh berbeda dengan warna background. Buatlah sebisa mungkin kontras.

Contoh jika warna background website biru, maka font sebaiknya menggunakan warna lebih terang seperti putih, atau kuning. Jangan warna hijau atau biru muda.

Contrast

Terlihat yang kiri lebih mudah terbaca dibanding yang kanan

3. Jarak Spasi

Jangan takut bermain-main dengan spasi atau sering disebut White Space, pastikan anda menentukan jarak yang optimal antara satu bagian dan bagian lain nya, jangan dibuat terlalu merapat.

Spasi ini bisa ditempatkan dibanyak tempat, contoh.

  • Jarak antara tulisan dan batas kiri, kanan, atas, bawah dari websiteanda (Pading/Margin).
  • Jarak tulisan dari sebuah gambar, jangan sampai tulisan menempel dengangambar. Berilah spasi disekeliling gambar.
  • Jarak dalam kutipan, agar kutipan jelas
  • Spasi di akhir paragraph, jangan lupa kasih margin-bottomsetelah paragraph

Kiri lebih enak dilihat dan dibaca, kanan
terlalu rapat

4. Kurangi Gangguan

Tidak semua harus dibuat menonjol, tidak semua harus dibuat kontras, karena ini akan mengurangi kenyamanan saat membaca di blog, contoh, ketika sedang membaca tulisan ternyata dibagian kanan ada iklan yang kedip-kedip, ini akan sangat mengganggu pembaca, walau itu mungkin tujuan utama dari iklan, tapi iklan tetaplah iklan, kualitas blog kita juga sangat penting.

Kurangi ketidak beragaman di blog, buatlah sebisa mungkin seragam, tidak terlalu banyak warna-warni yang mengganggu.

*Sesuaikan dengan kondisi.

Kurangi Gangguan

Kanan akan terlihat terlalu runyam, mengganggu fokus membaca

5. Navigasi yang Mudah

Ini sangat penting, anda harus membuat website atau blog anda mudah dijelajahi oleh pembaca, letakkan menu pada tempat yang mudah terlihat tapi jangan mengganggu.

Pengunjung website saat ini sudah terbiasa dengan menu yang diletakan di bagian atas, sidebar kiri/kanan. Jadi sebisa mungkin latakkan dibagian-bagian tersebut. Jika anda ingin menaruh di posisi-posisi lain yang diluar kebiasaan agar memunculkan beda dengan website lain, maka berikan panduan agar user bisa langsung menuju menu tersebuat, bisa dibuat agak besar, atau warna yang agak menonjol. Hm… saya kira anda punya cara sendiri.

Jangan lupa juga tambahkan breadcrumb di website anda, ini sangat baik untuk memandu user dalam menjelajah website anda.

Lengkap dengan Menu dan Breadcrumb, Very GOOD

Oke sekian tulisan kali ini, semoga tips diatas bisa meningkatkan kenyamanan, dan membuat website anda menjadi semakin efektif dengan tidak menimbulkan kebingungan pengunjung

Jangan lupa follow twitter kami dengan akun @tut_web

Salam web design indonesia

Credit: Image and inspiration by : http://rafaltomal.com





Penulis :

Website yang berisi Tutorial, Tips, Trik, Inspirasi, Opini, Cerita, Studi kasus, dan berbagai hal menarik tentang Web Design, Web Development dan Graphic Design untuk orang-orang kreatif di Indonesia. View all posts by TWD Editorial

Comments

9 thoughts on “5 Tips Mudah Meningkatkan Desain Blog dan Website

  1. Melihat gambar pengantar nomor 4, jadi teringat desain blog saya :)

  2. artikelnya mantap gan… kena banget..ijin share boleh kan???

  3. […] Mungkin beberapa sudah ada juga yang kami bahas di artikel terdahulu tentang  5 Tips Mudah Meningkatkan Desain Blog dan Website […]

  4. […] Mungkin beberapa sudah ada juga yang kami bahas di artikel terdahulu tentang  5 Tips Mudah Meningkatkan Desain Blog dan Website […]

  5. Walter Pinem says:

    tipsnya bagus bung. makasih ya infonya, berguna sekali untuk blogger pemula seperti saya :D

  6. kombes says:

    Thanks gan untuk sahringnya, tapi saya masih bingung

  7. […] Baca Juga: 5 Tips Mudah Meningkatkan Desain Blog dan Website […]

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development