Selamat Datang

10 Ciri Web Designer Yang Berkualitas Baik

Web designer yang memiliki kualitas baik itu gampang-gampang susah untuk dicari, ada banyak sekali web designer saat ini, apa lagi dengan semakin ramainya industri web di Indonesia khususnya.

Jika anda sedang ingin membangun sebuah website dengan desain yang baik, atau anda sedang mencari seorang web designer yang akan anda ajak untuk menjadi partner kerja anda dalam membangun sebuah website, maka coba luangkan waktu anda untuk membaca artikel berikut ini agar anda tidak salah dalam memilih orang (web designer). Karena beberapa designer cukup profesional di bidangnya namun sangat banyak juga yang amatir dan kurang bertanggung jawab.

Baca Juga:

Disini kami akan memberikan setidaknya 10 kualitas yang harus dimiliki oleh web designer yang baik atau bisa kita bilang cukup profesional dibidangnya, sehingga bisa jadi acuan anda dalam memilih web designer yang berkualitas.

1. Pendengar Yang Baik.

Seorang web designer yang baik itu mutlak harus bisa jadi pendengar yang baik, sehingga dia bisa memahami apa kebutuhan anda dan mempertimbangkan apa yang harus dia berikan untuk memenuhi keinginan anda dalam sebuah desain website.

2. Mempertimbangkan Gagasan Anda.

Banyak web designer yang egois, dia hanya fokus pada apa yang ingin dia lakukan terhadap website anda dan tidak memperdulikan apa yang anda inginkan terhadap website yang ingin dibuat. Web designer memang memiliki pengetahuan tentang apa yang dia akan buat, namun dia juga harus mempertimbangkan apa keinginan klien nya.

3. Komunikasi.

Selain harus bisa jadi pendengar, Seorang designer yang baik harus memiliki komunikasi yang baik juga, dia harus bisa menjelaskan terminologi tentang website dalam bahasa yang anda lakukan dengan dia. Dia Juga gampang dihubungi dan enak diajak berbicara.

4. Pengetahuan Tentang Teknologi.

Jika anda ingin menguji kemampuan atau pengetahuan web designer anda, maka tes lah pengetahuan nya tentang teknologi web. Dia harus familiar dengan tools yang digunakan dalam pembuatan sebuah website.

Dia bisa dikatakan web designer yang baik jika mengerti HTML, CSS masalah grafis, perancangan tata letak, isu-isu media, kompatibilitas browser, dan isu-isu seputar web lain nya.

5. Penggunaan Terminologi.

Seorang web designer tidak hanya mengenal teknologi, tapi dia juga harus mengerti bagaimana menggunakan teknologi tersebut.

Misalnya saat ini sedang marak istilah “Responsive Web Design“, designer mungkin tau secara teori namun apakah dia sudah bisa menggunakannya? apakah dia sudah pernah membuat. Silahkan anda lihat bagaimana dia menggunakan teknologi tersebut, bisa dengan melihat portfolio atau dari gagasan yang dia berikan.

6. Menjaga Bisnis dan Tujuan Bersama.

Anda tentu ingin website anda terlihat bagus, web designer yang baik juga harus punya komitmen untuk membuat sebuah desain yang memiliki kualitas bagus juga, web designer harus paham kalau apa yang dia buat akan menjadi/menambah portfolionya. Dengan memahami itu biasanya web designer akan selalu memberikan yang terbaik disetiap pekerjaan nya.

Untuk itu anda bisa dengan melihat portfolio nya, apakah dia konsisten membuat yang bagus atau hanya sesekali.

7. Menghemat Waktu dan Biaya Anda.

Kadang web designer hanya berfikir bagaimana agar dia mendapat penghasilan yang banyak dari anda. Jadi berhati-hatilah dengan web designer yang meminta waktu pengerjaan yang terlalu lama atau terlalu cepat, apa lagi jika dia dibayar perjam atau per hari. Sebaiknya tentukan berapa lama target dan biaya yang akan dikeluarkan sebelum memulai pekerjaan, designer yang baik tidak akan menghabiskan waktu anda dan tidak akan terburu-buru juga, buru-buru bisa membuat hasil jadi tidak maksimal.

Namun perlu diingat, jangan menekan harga web designer, karena bisa membuat dia bekerja dengan hati kurang senang, sehingga hasil jadi tidak maksimal, berikan harga terbaik  sehingga dia happy dan dapat menghasilkan karya yang baik.

8. Pandai Menggabungkan Desain Lama Dengan Yang Baru.

Web designer yang baik bisa menggabungkan apa yang ada sebelumnya dengan gagasan-gagasan yang baru, dalam hal pembuatan desain website yang baru misal nya, dia akan memberikan sentuhan baru dengan tidak meninggalkan karakter website lama anda.

Namun jika anda ingin yang sesuatu yang benar-benar 100% berubah sebaiknya bicarakan dengan tegas juga, karena sebagian designer bekerja dengan melihat bagaimana anda/perusahaan anda sebelumnya.

Jadi minta dia memberikan masukan apa yang akan dia perbuat terhadap website anda, sebelum dia benar-benar anda pekerjakan, web designer yang baik harus bisa menjabarkan apa yang akan dia lakukan.

9. Memiliki Portfolio Yang Baik.

Portfolio

Image By kodamapixel

Yang paling utama tentu kita harus melihat apa yang pernah dia kerjakan, inilah hal cukup penting ketika kita ingin bekerjasama dengan orang lain. Lihat hasil karyanya, jika menurut anda menarik, janga hanya melihat satu, tapi lihat beberapa, apakah dia konsisten membuat yang baik atau tidak.

10. Rekomendasi / Nama Besar.

Rekomendasi

Image by Skampy

Jika dia banyak direkomendasikan oleh orang lain sudah barang tentu dia adalah seorang yang berkualitas dan punya citra baik dimata orang lain. Jadi cobalah untuk melihat sepak terjangnya di dunia maya, dengan aktifitasnya di sosial media atau di group/forum, kalau dia sering memberikan solusi untuk pertanyaan-pertanyaan di group  bisa dibilang dia memiliki kemampun yang bisa diandalkan.

Sekian.

Semoga ini bisa menjadi acuan anda sebelum memilih seorang web designer, jika ada yang ingin menambahkan silahkan tuliskan dibagian komentar, agar artikel ini bisa semakin berguna.

Salam web design indonesia.

Ref: wittycookie





Penulis :

I'm just simple person, web developer part time, web design holic, website researcher. Work in the world of websites & coding for eat : View all posts by Abuser

Comments

17 thoughts on “10 Ciri Web Designer Yang Berkualitas Baik

    • Abuser says:

      Untuk referensi ada dibagian bawah artikel,
      Tidak menyadur, hanya mengutip, jadi tidak persis, karena beda wilayah geografis, beda kehidupan, beda kondisi pasar. Penulis hanya mengambil poin2 nya saja untuk disesuaikan, isinya ditulis dengan bahasa sendiri.

      Dan tidak semua poin juga diambil, misal nomor 9 dan 10 itu berbeda :)

  1. […] sebagai pemilik website, sebagai Web designer & Developer yang baik kita juga harus tau hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membuat […]

  2. Bridge says:

    saya ingin menjadi web designer, tapi masih kesulitan menjalani point no 1. semoga ke depannya saya bisa menjadi pendengar yang baik :)

    • Perlu latihan untuk bisa mendengar dengan baik, selain itu perlu banyak melihat dan banyak membaca juga agar dapat mengerti keinginan klien. Good Luck :)

  3. agung west says:

    saran yang bagus gan..ane cb terapkan, tpi mlh bayarnya pada nyicil,..gimana neeh :(

  4. […] Anda ingin menjadi web designer yang berkualitas baik maka point ini penting bagi Anda. Point pertama ini terkadang terlewatkan bagi para designer web […]

  5. wahhhh… keren tutorialnya, ane juga baru ingin belajar lebih dalam Design Web, ijin Boormark halaman ente.. :D

  6. […] sebagai pemilik website, sebagai Web designer & Developer yang baik kita juga harus tau hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membuat […]

  7. adam says:

    pelan2 melangkah menuju web designer idaman
    semangatt ;)

    btw nice article

  8. farrelndot says:

    […] sebagai pemilik website, sebagai Web designer & Developer yang baik kita juga harus tau hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membuat […]

  9. jual abon says:

    Wah bagus banget ini untuk web designer pemula. Terimakasih Gan.

  10. Bener banget.
    Kita sebagai web designer harus bisa menjadi pendengar yang baik, komunikasi yang baik sebab web designer bukan mereka yang bisa menggunakan banyak tools. Tetapi mereka yang memilik sense of art yang tinggi.

  11. Ferdi says:

    Bener bgt saya dari Bandung pernah bikin website dan bukan hanya bagus hasilnya tapi komunikasinya juga enak, saya setuju bgt tentang Designer itu jangan ditekan, ini referensi dari saya www. itwarmup.com cocok harga “Bandung” banget. hehe

  12. Rian says:

    Saya ingin menjadi web desainer, tapi masih dalam tahap memahami css.

  13. grosirbros says:

    sebagai seorang web designer memang harus memiliki 10 hal diatas… mudah2an saya bisa menjadi web designer yg baik dan sukses..

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Klik Tombol Like / Suka ya kawan..

Klik tombol "Like" atau "Suka" untuk mendapatkan update tutorial, tips & tricks serta info terbaru seputar dunia web design & development